Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kenali Gangguan Pencernaan yang Sebabkan Anak Susah Makan

Kenali Gangguan Pencernaan yang Sebabkan Anak Susah Makan

21618_620.jpg

Anak susah makan, merupakan masalah yang paling sering dialami orangtua. Orangtua mungkin sudah berupaya keras membuatkan makanan bergizi dengan sajian yang menarik, mengupayakan cara-cara menyenangkan dalam pemberian makan, namun anak tetap saja susah makan. Lantas, upaya apa lagi yang harus dilakukan?

Masalah anak susah makan memang tak bisa dianggap remeh. Bila dibiarkan lama-lama dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak. Tubuh anak menjadi kurus dan tumbuh kembangnya tidak optimal. Kelak dapat berpengaruh pada kualitas dirinya. Maka itu, penting bagi orangtua untuk mencari tahu penyebab anak susah makan.

Sebetulnya, penyebab anak susah makan beragam kemungkinannya. Antara lain karena kelainan bawaan yang berhubungan dengan anatomis organ pencernaan, adanya penyakit infeksi seperti tuberkulosis atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan pencernaan, dan faktor psikologis. Lalu, bagaimana mengenali ciri-ciri penyebabnya tersebut?

Pada anak susah makan dikarenakan ada masalah pada pencernaannya dapat dikenali dari ciri-cirinya antara lain : anak sering gumoh atau muntah, sering buang angin, perut kembung, menangis berkepanjangan, atau sering buang air besar (diare). Adanya gangguan pencernaan ini bisa berpengaruh pada proses pencernaan makanan dan selera makan anak.

Umumnya, selama ini yang dilakukan orangtua dalam mengatasi anak susah makan yaitu dengan cara memberikan vitamin atau suplemen  nafsu makan. Padahal cara ini tidak akan dapat membantu, selama yang menjadi penyebabnya tidak diatasi. Seperti halnya pada masalah susah makan yang disebabkan gangguan pencernaan.

Jika anak susah makan karena ada gangguan pencernaan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter. Karena penanganannya akan berbeda dengan anak susah makan karena faktor psikologis. Dokter akan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan yang terkait dengan gangguan pencernaannya. Adakalanya perlu dilakukan pemberian obat-obatan tertentu untuk mengatasi gangguannya. Jika gangguan pada pencernaannya segera diatasi maka proses pencernaan akan berfungsi dan pekerja baik. Dampaknya, berat badan bertambah baik karena zat-zat gizi makanan dapat diserap dengan baik. Anak pun akan tumbuh kembang dengan optimal.

Apakah Warna Tinja si Kecil Berhubungan dengan Penyakit?

Apakah Warna Tinja si Kecil Berhubungan dengan Penyakit?

Anak Bisa Lumpuh Karena Polio

Anak Bisa Lumpuh Karena Polio