Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kemenkes Kembangkan Penanganan Gizi Melalui Aplikasi Android

Kemenkes Kembangkan Penanganan Gizi Melalui Aplikasi Android

health-detik-com-android-kemenkes.jpg

  Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) terus melakukan inovasi untuk memberikan intervensi pada permasalahan gizi. Salah satunya dengan mengembangkan pengukuran status gizi anak melalui aplikasi android.

Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes, Ir. Doddy Izwardy, MA mengatakan, pihaknya tengah mendesain sistem pengukuran melalui aplikasi android. Aplikasi ini nantinya akan digunakan para petugas maupun kader kesehatan di posyandu dan puskesmas, untuk mengecek status gizi anak, berat badan, serta tinggi badan per umur. Rencananya, aplikasi ini mulai digunakan tahun ini.

Doddy mengatakan, intervensi yang dilakukan selama ini mengeneralisasi semua anak dan wilayah sehingga tidak memutus mata rantai masalah gizi. Dengan aplikasi ini pemerintah akan dapat menemukan anak-anak dengan masalah gizi sekaligus tempat tinggalnya secara lebih dini. Setelah itu diberikan intervensi khusus dan berbeda setiap individu.

“ Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kami berusaha untuk mengetahui kondisi gizi anak by name, by address, berapa anak yang kurus dan pendek secara riil. Dengan begitu intervensi masalah gizi pada anak lebih tepat sasaran. Di dalam aplikasi akan tercantum nama anak, berat badan, tinggi badan per usia. Bila petugas atau kader mengisi data tidak sesuai kondisi anak yang sebenarnya, maka sistem akan menolak atau error. Di sini akan ketahuan kalau petugasnya bohong soal kondisi anak,” kata Doddy.

(Sumber : Suara Pembaruan)

Perhatikan Pemberian Cairan, Agar  Anak Tidak Dehidrasi Saat Diare

Perhatikan Pemberian Cairan, Agar Anak Tidak Dehidrasi Saat Diare

Studi : Infeksi Dapat Menyebabkan Stanting

Studi : Infeksi Dapat Menyebabkan Stanting