Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Keluarkan Potensi Anak untuk Menjadi Pemimpin dengan Gizi Seimbang!

Keluarkan Potensi Anak untuk Menjadi Pemimpin dengan Gizi Seimbang!

Fachry-Latief-_MG_2927.jpg

Sumber: Health.Detik.com Sejak kecil, setiap anak sebenarnya mempunyai potensi untuk menjadi seorang pemimpin. Oleh karena itu, orang tua harus memastikan bahwa asupan gizi si kecil setiap hari.

Inilah yang dikatakan  Prof. Dr. Hardinsyah MS sebagai Guru besar Fakultas Ekologi Manusia di Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia mengatakan bahwa gizi yang seimbang juga akan mempengaruhi pertumbuhan otaknya, sehingga membantu kemampuan kognitifnya. Selain itu, kerja otak dan organ juga mendasari setiap gerak geriknya karena jika anak tampak lemas, ia akan susah diipilih untuk menjadi pemimpin.

"Jika anak tampil enerjik, berstamina, dan mampu menyelesaikan maslah. Nah, anak nggak mungkin enerjik kalau gizinya tidak terpenuhi," ujarnya dalam acara Nutritalk Book Launching "Tumbuh Kembang Optimal Ciptakan Pemimpin Andal" hari ini di Goela Resto, Jl. Jend Sudirman, Jakarta (08/03/17). Di sini kita dapat melihat bahwa gizi yang kurang terhadap anak tidak hanya akan menghambat pertumbuhan fisiknya, alias stanting, tetapi juga terhadap daya tangkap dan daya ingatnya.

Untuk memastikan anak dapat gizi yang seimbang, orang tua harus menyeimbangkan semua sumber gizi dari karbohidrat, protein (nabati dan hewani), lemak dan omega 3, serta kebutuhan gizi. Prof Hardin juga menyarankan bahwa zat mikro seperti vitamin dan mineral juga dibutuhkan. Untuk perkembangan otak, anak memerukan vitamin B kompleks yang sangat diperlukan untuk otak.

Selain variasi makanan, Prof Hardin juga mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh lupa dengan frekuensi makan anak dalam sehari. “Kemudian pastikan anak makan teratur 3 kali sehari. Seringnya kan mereka melewatkan sarapan. Seorang bunda dan ayah penting melihat perkembangan bobot anaknya dan dilihat pertumbuhannya sudah sesuai belum dengan kurva pertumbuhan. Secara mata telanjang bisa dilihat juga kan ini pertumbuhan anaknya bagus nggak dibandingkan anak seusianya,” kata Prof Hardin.

Tambahan Prof Hardin adalah tentang bagaimana anak yang tumbuk kembang otaknya optimal juga dapat memberikan segala solusi yang cepat dengan penuh pertimbangan karena kemampuan berpikirnya yang cepat. Contoh sederhana yang ia berikan adalah ketika anak melihat temannya yang jatuh dari pohon, ia akan meminta obat merah agar temannya bisa dia obati. Dan dalam jangka panjang, karakter anak akan dibentuk.

“Jadi secara sederhana, anak cerdas dalam mengambil tindakan, melakukan hal sederhana seperti membela teman perempuan yang diganggu, bisa berargumentasi dan memberi solusi kemudian dia diikuti temannya. Sehingga, gizi yang baik penting untuk menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak,” kata Prof Hardin.

Di acara tersebut, juga hadir Arif Mujahidin sebagai Communications Directr Danone Indonesia. Ia menyarankan para orangtua untuk tidak terlalu mempercaya berita yang tidak jelas sumbernya, atau berita hoax apalagi jika berita tersebut dikaitkan oleh apapun tentang kesehatan anak.

“Untuk itu sejak 2010 kami adakan Nutritalk yang berisi paparan pakar dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Dalam buku ini dirangkum apa yang selama ini disampaikan dalam Nutritalk. Tujuannya, pasti demi meningkatkan status gizi di Indonesia, khususnya pada ibu dan anak,” ujar Arif.

 

---

 

Sekelas info tentang Gizi Tinggi Prestasi:

Pemerintah Indonesia, didukung oleh MCA-Indonesia telah melaksanakan Kampanye Komunikasi Gizi (KGN) Nasional, melalui IMA World Health. Kampanye ini adalah bagian dari Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat atau PKGBM. PKGBM dalah program Pemerintah Indonesia untuk mengurangi stanting yang didukung oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui Millennium Challenge Corporation.

Dari Arisan Ayam ke Arisan Jamban

Dari Arisan Ayam ke Arisan Jamban

Selamat Hari Perempuan Sedunia!

Selamat Hari Perempuan Sedunia!