Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kelas Ibu sebagai Sarana Belajar untuk Pencegahan Stanting

Kelas Ibu sebagai Sarana Belajar untuk Pencegahan Stanting

Kelas-Ibu-Hamil.jpg

Bagi ibu hamil, istilah kelas ibu hamil mungkin sudah tidak asing lagi. Kelas ibh hamil biasanya dihadiri oleh para ibu hamil dengan usia kehamilan antara 4 minggu sampai 36 minggu (menjelang persalinan), dan jumlah pesertanya maksimal 10 orang. Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil. Kelas ibu hamil memang diharapkan untuk menjadi lebih efektif karena metode bertemu tatap muka dalam kelompok. Tujuan dari kelas ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para ibu mengenai kehamilan dan perawatannya, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran. Setiap ibu hamil yang dating wajib memiliki buku KIA karena di dalam buku ini terdapat berbagai informasi tentang kehamilan. Akan tetapi, tidak semua informasi penting termuat di buku KIA. Oleh karena itu, kelas ibu hamil dibentuk.

Kelas ibu hamil difasilitasi oleh bidan atau tenaga kesehatan, dengan menggunakan paket kelas ibu hamil seperti KIA. Selain itu, ibu juga akan difasilitasi oleh flip chart, pedoman pelaksnaankelas ibu hamil, paduan fasilitator, dan buku senam hamil. Nah, bagaimana kelas ibu hamil dapat berkontribusi untuk mencegah stanting? Jawabannya ada di 1000 hari pertama kehidupan. Pencegahan stanting sangat berfokus terhadap perbaikan gizi, yaitu dari masa kehamilan sampai anak berusia 2 tahun. Pentingnya 1000 HPK ini karena merupakan periode sensitif yang menentukan kualitas hidup anak di masa depan. Hal ini semuanya disosialisasikan oleh para pelatih dengan mendagakan satu kelas khusus seputar gizi. Selain itu, ibu hamil juga mendapatkan informasi tentang pentingnya ASI sebagai menu utama bayi selama 6 bulan. Nah, karena kelas ibu hamil lebih interaktif, para ibu bebas bertanya dan berbagi opini sehingga semua dapat belajar dan memberi masukkan. Dengan sosialisasi yang baik, kelas ibu hamil dapat menjadi salah satu sarana efektif untuk menyebarluaskan informasi mengenai stanting yang dapat membahayakan generasi bangsa.

Mengenal Imunisasi Dasar yang Lengkap untuk Anak

Mengenal Imunisasi Dasar yang Lengkap untuk Anak

Apa yang Sudah Bisa Dilakukan Anak Berdasarkan Usianya?

Apa yang Sudah Bisa Dilakukan Anak Berdasarkan Usianya?