Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kapan Janin Terbentuk dan Mulai Berkembang?

Kapan Janin Terbentuk dan Mulai Berkembang?

7-tanda-kehamilan-sehat.jpg
  1. Keberadaan janin atau calon bayi dalam rahim ibu merupakan hasil dari suatu proses, setelah jutaan sel sperma dipancarkan ke dalam saluran kelamin wanita.  Dari jutaan sel sperma tersebut hanya satu sel sperma berkualitas baik yang akan menembus dinding sel telur ibu. Sel sperma ini yang kemudian akan membuahi sel telur. Bertemu dan menyatunya  sel sperma dan sel telur ini dinamai dengan proses pembuahan atau konsepsi. Proses ini merupakan awal terjadinya kehamilan atau awal terjadinya pembentukan manusia baru.

    Jadi, sejak awal konsepsi tersebut sudah mulai ada proses perkembangan sel janin. Suatu kehidupan baru sudah dimulai di dalam tubuh ibu. Adakalanya ibu sendiri kadang-kadang belum merasakan gejala atau tanda kehamilan. Sebetulnya, ibu dapat mengenali tanda alamiah kehamilannya dari terlambat datangnya menstruasi. Seringkali ibu baru menyadari dirinya hamil ketika muncul gejala alamiah lain seperti mual-muntah pusing, merasakan perubahan fisik, dan sebagainya. Gejala-gejala alamiah ini memang terkait dengan adanya perubahan hormonal karena kehamilan. Untuk dapat lebih memastikan kehamilannya, , ibu bisa melakukan pemeriksaan dengan air seni.

    Lantas, bagaimana ibu mengetahui sudah berapa usia janin atau kehamilan ibu? Usia janin sebetulnya dihitung berdasarkan kapan terjadinya pembuahan. Untuk memperkirakan waktunya, dilakukan dengan cara menghitung dari hari pertama haid terakhir ibu. Perkiraan inilah yang digunakan untuk menentukan usia kehamilan dan juga nantinya untuk perkiraan bayi dilahirkan.

    Pada usia 2 minggu kehamilan, bila dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan alat USG, sudah tampak adanya kantong kehamilan, namun belum tampak embrio (bakal janin). Setelah minggu kedua barulah mulai tampak bakal janin yang terbentuk. Kemudian berkembang dan terbentuk pula organ-organ penting lainnya. Di usia-usia awal kehamilan inilah sebetulnya masa kritis pembentukan janin. Maka itu, ibu hamil harus berhati-hati. Jika ibu kurang menyadari dirinya hamil dan pola hidupnya pun  tidak sehat maka bisa membahayakan janin. Gangguan yang terjadi pada masa ini dapat menyebabkan kematian embrio, gangguan perkembangan janin yang dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi di kemudian hari.

    Memasuki usia kehamilan trimester kedua atau mulai minggu ke-13, hampir semua organ tubuh janin sudah terbentuk dan berkembang. Ketika memasuki trimester ketiga kehamilan atau sekitar minggu ke-28 organ-organ tubuhnya sudah mulai matang. Kemudian sekitar usia kehamilan 37 – 40 minggu janin sudah matang organ tubuhnya dan berfungsi sempurna, serta sudah dalam posisi siap untuk dilahirkan.

Ibunya Gemuk, Janinnya Kurus?

Ibunya Gemuk, Janinnya Kurus?

Jangan Tegang Saat Pemeriksaan Pertama Kehamilan

Jangan Tegang Saat Pemeriksaan Pertama Kehamilan