Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kader Posyandu sebagai Promotor Kesehatan
05R9307.jpg

Kader Posyandu sebagai Promotor Kesehatan Pernah melihat kegiatan rutin pos pelayanan terpadu (Posyandu) di tingkat desa? Pada hari tertentu setiap bulannya, akan tampak para ibu hamil, ibu menyusui, ibu dengan membawa bayi atau balitanya mendatangi posyandu. Posyandu merupakan tempat untuk pelayanan kesehatan khususnya bagi ibu dan anak, di bawah bimbingan  tenaga kesehatan dari puskesmas setempat. Lokasinya bisa di balai desa, rumah penduduk, rumah RT/RW, atau lainnya.

Para ibu yang datang akan menemui meja-meja yang tersedia di tempat tersebut. Mulai dari meja pertama yang akan mencatat pendaftaran ibu hamil, bayi, atau balita. Kemudian di meja kedua dilakukan penimbangan badan bayi dan balita. Meja ketiga  melakukan pencatatan hasilnya ke dalam buku Kartu Menuju Sehat (KMS). Di meja ketiga dilakukan konsultasi atau penyuluhan berdasarkan kondisi saat itu atau hasil pencatatan pada buku KMS tadi. Jika diperlukan, kader juga akan memberikan rujukan untuk ke puskesmas. Pada meja kelima merupakan meja pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan bukan oleh kader. Pelayanan kesehatan dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan, memberikan imunisasi, pemberian vitamin A, suplemen ibu hamil, pil KB, dan sebagainya.

Dari kelima meja yang tersedia di lokasi posyandu tersebut, pelaksanaan kegiatan pada meja 1-4 dilakukan oleh para kader posyandu. Siapakah para kader tersebut?

Bila dilihat dari istilah menurut Departemen Kesehatan RI (2003), kader merupakan anggota masyarakat setempat yang dipilih dan ditinjau oleh masyarakat dan  mampu bekerja secara sukarela dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Sementara  menurut WHO (1998), kader merupakan  laki-laki atau wanita yang dipilih oleh masyarakat dan dilatih untuk menangani masalah-masalah kesehatan perorangan maupuan yang amat dekat dengan tempat-tempat pemberian pelayanan kesehatan.

Jadi, para kader merupakan anggota masyarakat setempat, baik laki-laki maupun perempuan. Tentunya untuk menjadi kader harus memenuhi syarat antara lain :

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Mempunyai kemampuan membaca dan menulis
  • Mempunyai jiwa sosial dan mau bekerja sama
  • Bertempat tinggal di wilayah posyandu
  • Mempunyai waktu cukup
  • Mengenal dan tahu adat istiadat serta kebiasaan masyarakat setempat
  • Berpenampilan menarik dan simpatik
  • Mengikuti pelatihan-pelatihan untuk menjadi kader

Nah, para kader inilah yang berperan aktif dalam menggerakkan kegiatan posyandu Maka itu para kader ini sering disebut juga sebagai penggerak atau promotor kesehatan.

 

(Dari berbagai sumber)

 

 

 

 

Peran Serta Masyarakat Melalui Posyandu

Peran Serta Masyarakat Melalui Posyandu

Hamil di Usia 20, 30 dan 40 - Apa yang Harus Diperhatikan?

Hamil di Usia 20, 30 dan 40 - Apa yang Harus Diperhatikan?