Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Jangan Sampai Si Kecil Kekurangan Zat Besi

Jangan Sampai Si Kecil Kekurangan Zat Besi

18372a9dcced8d7110e2e800fab5ea12_XL.jpg

  Sikecil yang berisiko kekurangan zat besi

  1. Bayi yang terlahir prematur dan memiliki berat badan dibawah angka normal biasanya membawa zat besi lebih sedikit dalam tubuhnya sehingga berpotensi mengalami kekurangan zat besi jika tidak mendapatkan asupan yang cukup melalui ASI dan susu formula khusus bayi prematur.

 

  1. Bayi yang minum susu sapi sebelum usia satu tahun dan bayi diatas 6 bulan yang tidak mengkonsumsi makanan tambahan juga berisiko mengalami kekurangan zat besi. Diatas usia 6 bulan kebutuhan bayi akan zat besi akan semakin banyak sehingga asupan zat besi dari makanan pendamping sangat diperlukan.

 

  1. Bayi yang mengkonsumsi susu formula yang tidak mengandung zat besi serta sikecil yang mengidap penyakit kronis seperti infeksi atau mempunyai pantangan makanan juga berisiko mengalami kekurangan zat besi.

 

Tanda-tanda sikecil kekurangan zat besi

Sikecil yang mengalami kekurangan zat besi biasanya akan menunjukan tanda-tanda seperti:

 

Lemah dan gampang cape

Pucat

Tidak nafsu makan

Bernafas dengan pendek dan cepat

Terdapat peradangan pada lidah

Detak jantung tak beraturan

Meningkatnya resiko terkena infeksi

Cara mencegah kekurangan zat besi pada bayi dan balita

  1. Khusus bayi dibawah 6 bulan pastikan mereka mendapatkan ASI yang cukup. Jika sikecil tidaak minum ASI atau sedikit minum ASI, lengkapi asupan nutrisi sikecil dengan susu formula yang mengandung zat besi. Memberkan ASI sampai usia anak setidaknya 1 tahun sangat direkomendasikan, Jangan berikan susu sapi sebagai pelengkap apalagi pengganti ASI pada anak usia dibawah 1 tahun.

 

  1. Berikan sikecil dengan usia diatas 6 bulan makanan pendamping dengan gizi yang seimbang dan kantungan zat besi yang cukup. Makanan yang kaya akan zat besi diantaranya adalah kuning telur, ayam, ikan, kacamg-kacangan, dan sayuran berdaun hijau gelap. Batasi atau kalau bisa hindari makanan yang tinggi kalori tapi miskin vitamin dan mineral seperti keripik kentang dan soda.

 

  1. Berikan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk manis, melon, apricot, dan tomat. Vitamin C diketahui dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

 

http://balitapedia.com

Tanda-Tanda Bayi atau Balita Kekurangan Zat Besi

Tanda-Tanda Bayi atau Balita Kekurangan Zat Besi

Tanda Pertumbuhan Normal pada Bayi dengan ASI Eksklusif

Tanda Pertumbuhan Normal pada Bayi dengan ASI Eksklusif