Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Jangan Pernah Buang ASI Pertama yang Keluar

Jangan Pernah Buang ASI Pertama yang Keluar

800px-colostrum_vs_breastmilk.jpg

  Masih sering ada orang bilang kepada ibu menyusui agar membuang dulu ASI yang pertama keluar, sebelum ia menyusui bayinya. Karena dianggapnya ASI pertama itu adalah ASI basi. Apalagi warnanya agak kekuning-kuningan. Padahal, anggapan tersebut tidak benar.

ASI pertama yang berwarna kekuning-kuningan tersebut dinamakan kolostrum. Kolostrum ini sangat penting bagi bayi sebagai makanan pertama yang mengandung semua zat yang dibutuhkan bayi. Maka itu jangan pernah membuang ASI pertama yang keluar ini. Malah, sebisa mungkin bayi memperoleh kolostrum, karena banyak kandungan zat-zat penting di dalamnya, antara lain :

  • Mengandung banyak antibodi, protein anti infeksi lain, dan sel darah putih. Zat-zat ini dapat melindungi bayi dari berbagai serangan penyakit. Maka itu, kolostrum membantu mencegah bakteri berbahaya penyebab penyakit infeksi pada bayi baru lahir.

Selain itu, zat antibodi pada kolostrum dapat mencegah bayi dari kemungkinan timbulnya alergi, mempunyai efek pencahar yang berfungsi membersihkan usus bayi dari meconium (tinja pertama bayi yang berwarna kehitaman). Hal ini membersihkan bilirubin dari usus dan membantu mencegah bayi kuning/ikterus.

  • Mengandung zat yang berfungsi sebagai faktor pertumbuhan, yang membantu proses pengembangan organ usus bayi yang belum berkembang sempurna setelah bayi dilahirkan. Karena itu kolostrum membantu bayi terhindar dari alergi dan keadaan tidak tahan (intoleransi) terhadap makanan lain
  • Kaya vitamin khususnya vitamin A. Vitamin A ini membantu meringankan infeksi berat yang mungkin diderita bayi.

 

Inisiasi Menyusu Dini Rangsang Hormon Cinta

Inisiasi Menyusu Dini Rangsang Hormon Cinta

Risiko Bila Bayi Tidak ASI

Risiko Bila Bayi Tidak ASI