Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Ingin Memantau Pertumbuhan Bayi? Ke Posyandu Saja!

Ingin Memantau Pertumbuhan Bayi? Ke Posyandu Saja!

Posyandu-Mawar-Desa-Tanjung-Baru-Juli-min.jpg

Tahukah ibu apa itu Posyandu? Semoga kita tidak asing lagi di kuping kita. Pos Layanan Terpadu adalah satu program kesehatan dasar dari pemerintah untuk menangani masalah terutama kesehatan balita. Oleh karena itu, jika ibu sering ke posyandu, ibu mendukung suatu program masyarakat yang dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Tujuan Posyandu

Tujuan posyandu sangatlah mulia dan sederhana, yaitu berfokus melayani ibu dan anak dan mensejahterakan kesehatan mereka dengan program dan pelayanan terpadu. Berikut adalah poin-poin penting untuk mendeskripsikan posyandu.

  • Menurunkan angka kematian ibu dan anak
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan anak dan ibu demih mencegahnya kematian ibu dan anak.
  • Mewujudkan keluarga kecil sehat sejahtera
  • Meningkatkan rasa peduli masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Dengan mencapai tujuan posyandu tersebut, tentunya posyandu mengadakan berbagai program yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan balita secara umum, gizi, imunisasi, pencegahan dan penanggulangan berbagai penyakit, serta pertumbuhan dan perkembangan balita.

Lantas, apa sih manfaat dari posyandu? Berikut adalah beberapa manfaat mengikuti program posyandu untuk ibu dan balita.

  1. Perbaikan gizi

Posyandu adalah salah satu tempat yang mendukung perbaikan gizi dan kesehatan ablita. Di posyandu inilah orang tua akan mendapa pendidikan dan pengetahuan tentang gizi dan kesehatan balita, serta makanan-makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan balita. Selain itu, orang tua dapat bertanya tentang pemberian gizi yang baik dan bagaimana mencegah gizi buruk. Semuanya dapat ditanyakan kepada kader-kader yang ada di posyandu.

Dalam poin ini, orang tua juga dapat melihat grafik pertumbuhan anak, dimana dalam grafik tersebut akan terdapat sebuah grafik normal sebagai standar pertumbuhan bayi seperti tinggi dan berat badan. Oleh sebab itu, akan dapat diketahui apakah gizi sang balita telah terpenuhi atau belum. Tentu, hal ini sangat terkait dengan isu stanting dimana pertumbuhan tinggi balita tidak sesui standar, atau di bawah standar tinggi anak seusianya. Para ibu dapat langsung melihat grafik pertumbuhan yang ada untuk mengetahui apa sang anak berpotensi untuk mengalami kondisi stanting atau tidak.

2. Pemantauan kesehatan

Selain sebagai tempat pelayanan kesehatan, pendidikan dan pemeriksaan kesehatan juga diterapkan. Didalamnya ada masalah pencegahan dan penanggulangan penyakit yang biasa dialami balita seperti batuk, pilek, diare, dan demam, serta penyebab dan gejalanya. Nah, apabila dalam pemeriksaan ini ditemukan indikasi penyakit, bayi akan segera dirujuk ke puskesmas.

3. Imunisasi

Imunisasi diberikan secara berkala sejak bayi lahir dan memasuki usia anak-anak. Nah, di posyandu, ibu dapat memastikan bahwa si kecil akan mendapatkan imunisasi. Pemberian vaksin dalam imunisasi ini sangat penting untuk mendukung kesehatan balita seperti kekebalan tubuhnya dalam penyakit tertentu.

Tetapi, penelitian saat ini menunjukkan adanya kecenderungan berkurangnya kunjungan ke posyandu. Data menyebutkan, bahwa semakin tinggi kelompok usia anak, semakin tinggi pula presentase anak yang tidak pernah ditimbang. Hal ini menunjukkan bahwa ketika anak memasuki usia 3 tahun ke atas, ibu sudah tidak lagi datang ke posyandu. Padahal, posyandu bisa tetap menjadi tempat untuk memantau tubuh kembang anak karena biasanya terletak tidak terlalu jauh dari rumah.

Oleh karena itu, pemerintah perlu mengatasinya dengan revitalisasi posyandu dalam menumbuhkan dan mengembangkan kemandirian masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak batita yang sehat, cerdas, aktif dan tanggap. Salah satu upaya kami, IMA World Health dalam kampanye kita adalah menggerakan para pemangku kepentingan di dinas kesehatan, para kader posyandu dan masyarakat sekitar untuk menyadari pentingnya aktifasi posyandu.

Sumber: Berbagai sumber

 

 

Cara Tangani Bayi Kolik

Cara Tangani Bayi Kolik

Ciri-Ciri Bayi yang Tengah Mengalami Lonjakan Pertumbuhan

Ciri-Ciri Bayi yang Tengah Mengalami Lonjakan Pertumbuhan