Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Ingin ASI Berlimpah dan Berkualitas? Ini Caranya!

Ingin ASI Berlimpah dan Berkualitas? Ini Caranya!

berita-fifgroup-berikan-edukasi-menyusui-ke-karyawati-29903_a-1.jpg

Pastinya setiap ibu ingin memberikan ASI sebagai makanan terbaik bagi buah hatinya yang baru lahir. Agar pemberian ASI bisa maksimal dalam jumlah maupun kualitas, berikut cara-cara yang dapat ibu lakukan :

  1. Ibu harus percaya diri

       Ibu harus punya keyakinan dan percaya diri kalau dirinya mampu memberikan bayinya ASI. Rasa yakin dan percaya diri ini sangat penting. Karena dapat memengaruhi hormon oksitosin yang berperan dalam produksi ASI.

Jangan terpengaruh oleh keluhan para ibu lain, karena bisa mengurangi rasa percaya diri ibu. Untuk lebih merasa yakin dan percaya diri untuk menyusui, tambahlah pengetahuan ibu tentang menyusui.

  1. Menyusui dengan benar

Memaksimalkan produksi ASI dapat dilakukan dengan teknik menyusui yang benar. Posisikan dan lekatkan bayi dengan benar di payudara ibu. Pelekatan yang baik dapat membantu ibu menghasilkan banyak ASI.

  1. Hindari pengunaan dot atau empeng

Dot atau empeng yang terbuat dari bahan karet tentu berbeda teksturnya dengan payudara. Bila bayi terbiasa mengisap dot dan empeng, mungkin ia akan menolak jika disusui, terlebih apabila produksi ASI masih sedikit.

  1. Perbanyak konsumsi makanan bergizi

Asupan ibu merupakan salah satu faktor yang memengaruhi komposisi atau produksi ASI. Kebutuhan energi dan zat gizi ibu saat menyusui bertambah sekitar 330 kkal dari kebutuhan normal. Ini lebih tinggi dari kebutuhan ibu saat hamil.

  1. Pemijatan punggung

Pemijatan punggung berguna untuk pengeluaran hormon oksitosin, karena sekresi oksitosin sangat dipengaruhi oleh suasana emosi ibu.

  1. Selalu rileks dan istirahat yang cukup

Ibu yang tenang akan membuat produksi ASI lebih banyak dan lancar. Karena itu ibu harus beristirahat yang cukup agar selalu sehat.

  1. Perlu dukungan keluarga dan tenaga kesehatan

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa dukungan dari keluarga, terutama suami sangat penting dalam menunjang keberhasilan ibu untuk memproduksi kualitas dan kuantitas ASI.

Ketika ibu mengalami kesulitan dalam menyusui, dukungan ini menjadi sangat berarti. Akhirnya, ibu akan lebih lama menyusui, lebih percaya diri, dan tak mudah terdorong untuk beralih ke susu formula.

  1. Konsultasikan pada dokter/bidan

Apabila langkah-langkah di atas telah dilakukan namun ASI masih sedikit, konsultasikan pada dokter atau bidan. Biasanya, dokter atau bidan akan memberikan galaktogogen yang merupakan makanan, obat herbal. Jenis-jenis galaktogogen di antaranya adalah Domperidon dan Metoclopramide (obat), Fenugreek (herbal), daun katuk dan kacang-kacangan.

(Sumber: Gizi Ibu dan Bayi. Dr Sandra Fikawati, dkk. Jakarta: Rajawali Pres, 2015)

21 Balita di Kota Malang Alami Gizi Buruk

21 Balita di Kota Malang Alami Gizi Buruk

Pemberian MPASI Bayi Usia 6-9 Bulan

Pemberian MPASI Bayi Usia 6-9 Bulan