Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

IDAI Luncurkan Aplikasi Untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

IDAI Luncurkan Aplikasi Untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

rsz_screen_shot_2016-07-27_at_1441371.jpg

Adanya kemajuan teknologi sekarang ini dapat digunakan untuk mempermudah orangtua mendapatkan informasi mengenai kesehatan anaknya. Informasi ini penting bagi orangtua untuk membantu anak tumbuh kembang optimal. Apalagi dalam seribu hari pertama (1000 HPK) yang merupakan masa krusial bagi kehidupan anak. Seribu hari pertama itu terhitung sampai anak berusia 2 tahun. Dan bukan hanya pertumbuhan, perkembangan pada masa awal tersebut sangat penting.

Berdasarkan latar belakang itu pula Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) meluncurkan sebuah aplikasi ponsel yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Peluncuran dilakukan dalam acara seminar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2016, dengan tema mengenai Seribu Hari Pertama Kehidupan Optimal. Bertempat di RSCM Kiara, Jakarta (23/7/2016).

Menurut Ketua IDAI Pusat, Dr dr Aman B Pulungan SpA(K), aplikasi yang diberi nama PRIMA ini memudahkan para orangtua memantau pertumbuhan anaknya dan melakukan pencatatan tumbuh kembangnya dengan sederhana dan secara berkala. Orangtua juga berpotensi besar untuk dapat mendeteksi dini bila ditemui tanda keterlambatan tumbuh kembang anak. Jika ada hal-hal yang butuh perhatian khusus maka bisa didiskusikan dengan dokter.

Banyak kejadian soal anak stanting atau ketika tinggi badan anak lebih rendah dari standar tinggi seusianya, itu karena asupan gizi di seribu hari pertama kehidupannya tidak sesuai. Oleh karena itu, penting sekali untuk orang tua agar sadar dan mengoreksi pola asuh yang dapat menghambat pertumbuhan anak mereka.

Aplikasi PRIMA ini berisi antara lain grafik pertumbuhan WHO dan CDC, jadwal imunisasi, tahap perkembangan anak, materi edukasi orang tua, skrining, kuisioner kunjungan ke dokter. "Perkembangan anak akan sangat mudah dipantau dengan aplikasi ini. Pementauan secara berkala sangat penting agar dapat diketahui dan diintervensi secara dini bila ada keterlambatan perkembangan,” ujarnya.

Orangtua dapat memasukkan data anaknya berdasarkan indikator usia, tinggi badan, dan berat badan. Juga memantau sesuai dengan Kuesioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP), " terang Pakar Aplikasi PRIMA Dr Bernie Endyarni Medise SpA(K), MPH.

Melalui aplikasi ini orangtua dapat berperan aktif dalam memantau tumbuh kembang anaknya. Orangtua jadi lebih mudah menemukan kecurigaan terkait kesehatan anak dan bisa langsung cepat ditangani dokter. ”Keterlambatan penanganan pada anak dengan gangguan pertumbuhan  dapat mengakibatkan kesakitan yang menetap," tukasnya.

Annisa Nugraha, seorang parenting blogger juga menambahkan bahwa aplikasi PRIMA dapat membantu para ibu-ibu atau mommies modern yang bisa memanfaatkan gadget. “Pemantauan jadi mudah. Itu dapat berfungsi sebagai reminder jadwal pemantauan juga,” tuturnya.

Sumber: Jawa Pos, dan berbagai sumber lainnya.

Cara Ibu Hamil Atur Porsi Makan

Cara Ibu Hamil Atur Porsi Makan

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi