Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Ibu Menyusui Harus Banyak Minum

Pastinya di masa menyusui, ibu sering mengalami yang namanya cepat merasa lapar dan haus. Kondisi ini tentunya mendorong ibu untuk sering makan dan minum. Perlu diingat, asupan makan ibu tetap harus yang bergizi. Minumnyapun harus yang cukup. Di masa menyusui, kebutuhan minum sangat penting, karena komponen utama ASI itu sendiri adalah air. Seberapa banyak ibu menyusui perlu minum? Jika dilihat dari produksi ASI, dalam sehari produksi ASI sekitar 650 ml – 1000 ml. Jumlah sebanyak ini akan diisap bayi dengan jadwal menyusunya yang tidak tentu. Karena itu pula kebutuhan air ibu menyusui menjadi meningkat. Cairan yang telah ibu keluarkan melalui ASI juga harus diimbangi dengan cairan yang masuk ke tubuh. Sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh ibu tetap terjaga.

Maka itu, kalau biasanya ibu minum sehari sebanyak 2 liter, maka saat menyusui bisa menjadi 3 liter. Bila dalam kondisi normal dianjurkan minum sekitar 8 gelas, maka bagi ibu menyusui bisa lebih sampai 12 gelas. Kebutuhan air ini dapat terpenuhi dari minuman ataupun air yang tersedia dari makanan, seperti sup, jus buah, atau jus sayuran. Jadi, minumlah yang banyak setiap kali ibu merasa haus. Namun perlu dikeatahui pula bahwa bukan berarti ibu menyusui yang banyak minum akan membuat volume ASI menjadi banyak. Ini belum ada bukti ilmiahnya.

 

Bolehkah Ibu yang Mengonsumsi Obat Menyusui Bayi?

Bolehkah Ibu yang Mengonsumsi Obat Menyusui Bayi?

Daun Katuk dan Torbangun Bantu Tingkatkan Produksi ASI