Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Ibu Hamil Harus Mendapat Imunisasi Tetanus

Ibu Hamil Harus Mendapat Imunisasi Tetanus

lifestyeanalisisadailycom1.jpg

Bayi lahir kondisinya cukup rentan, apalagi bila kondisi lingkungan tempat ibu bersalin serta penggunaan alat bantu persalinan tidak bersih dan steril. Hal ini dapat mengakibatkan ibu dan bayinya berisiko mengalami tetanus. Kuman tetanus hidup dalam luka kotor. Kuman ini dapat tumbuh jika tali pusat dipotong dengan menggunakan pisau yang tidak steril, atau bila tali pusat diberi sesuatu yang tidak bersih. Kondisi semacam ini masih ada ditemui di berbagai tempat.

Tetanus merupakan salah satu penyebab kematian bayi baru lahir. Maka itu, untuk mencegah bayi mengalami tetanus, ibu hamil harus mendapatkan imunisasi Tetanus Toxoid (TT). Jika ibu hamil tidak diberikan imunisasi tersebut, dikhawatirkan kuman tetanus akan memasuki tubuhnya, sehingga ibu berada dalam bahaya.

Pemberian imunisasi TT dilakukan berdasarkan riwayat imunisasi ibu, baik yang tercatat atau berdasarkan ingatan ibu. Umumnya ditanyakan petugas kesehatan pada saat kunjungan pertama ibu melakukan pemeriksaan kehamilan. Setiap ibu hamil minimalnya mempunyai status imunisasi TT kedua agar terlindung dari tetanus.

 

Upayakan Ibu Hamil Tidak Mengalami Kurang Energi Kronik

Kebersihan Diri Ibu Saat Hamil

Kebersihan Diri Ibu Saat Hamil