Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Muda

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Muda

11-Ciri-Tanda-Awal-Kehamilan.jpg

 

Ibu hamil muda - hamil pada tri semester pertama - merupakan masa yang penting dan kritis untuk perkembangan dan pertumbuhan organ vital janin. Ibu hamil juga harus mulai beradaptasi dengan kandungannya dan mengusahakan yang terbaik untuk menjaga kehamilannya. Berikut adalah beberapa hal yang harus ibu hamil muda lakukan pada masa kehamilan awal:

  1. Melakukan pemeriksaan kandungan

Setelah Anda memastikan bahwa Anda hamil melalui test pack urin, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah melakukan pemeriksaan kandungan kepada bidan atau dokter kandungan. Selain pemeriksaan kandungan, ibu hamil juga bisa memanfaatkan layanan konseling, bidan atau dokter kandungan biasanya akan memberikan saran dan solusi pada permasalahan yang dihadapi oleh ibu hamil muda. Oleh karena itu disebaiknya ibu hamil jangan canggung untuk menyampaikan keluhan atau bertanya pada bidan atau dokter kandungan mengenai permasalahan yang dihadapi.

  1. Asam Folat

Semua ibu hamil muda membutuhkan asupan asam folat selama masa kehamilannya. Ibu membutuhkan 400mcg asam folat (Vitamin B9) setiap harinya. Peran asam folat penting sekali pada trimester I karena membantu perkembangan saraf janin, dan keadaan kekurangan asam folat dapat menimbulkan komplikasi kesehatan yang berbahaya pada janin Anda. Konsumsi asam folat ini dilakukan atas rekomendasi dan pengawasan dari bidan atau dokter kandungan.

  1. Zat Besi

Asupan zat besi yang cukup pada masa kehamilan juga merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan ibu hamil muda. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan ibu jatuh ke keadaan anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain merugikan ibu, kekurangan zat besi pun akan merugikan janin karena janin sampai bayi nanti hanya mendapat asupan zat besi dari ibunya. Maka mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau meminum suplemen zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi zat besi berbarengan dengan susu atau teh karena mengurangi penyerapannya.

Untuk mengurangi rasa mual, sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur dan dipastikan bahwa rasa mual ibu hamil sudah berkurang. Mengkonsumsi zat besi sangat baik bersamaan dengan konsumsi buah, guna meningkatkan penyerapan zat besi.

  1. Hati-Hati dengan Obat

Ibu hamil muda harus ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan, bahkan obat warung yang dijual bebas. Beberapa jenis obat yang diminum ibu hamil dapat menembus plasenta dan ikut beredar di tubuh janin. Obat ini yang tidak menimbulkan bahaya pada tubuh ibu ternyata dapat menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan pada perkembangan dan pertumbuhan janin. Konsultasikan seluruh obat yang biasa Anda minum ke dokter kandungan atau bidan.

  1. Kurangi Kafein

Ibu hamil muda tidak perlu puasa minum kafein, namun harus mengurangi asupan kafein berlebih. Kafein yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko keguguran. Batasi konsumsi kafein sebanyak 200 mg per hari. Angka 200 mg kafein setara dengan 2 gelas kopi instan. Perlu diingat bahwa minuman bersoda, teh (bahkan teh hijau), cokelat dan minuman penambah energi pun mengandung kafein.

  1. Berhenti Merokok dan Hindari Asap Rokok

Sudah menjadi pengetahuan umum bila rokok dapat menyebabkan penyakit pada orang sehat yang menghirup asapnya. Hal ini berlaku juga pada ibu hamil. Rokok dapat membahayakan ibu dan janin dengan menyebabkan kehamilan di luar rahim, ketuban pecah sebelum waktunya pada usia kehamilan yang lebih tua dan keguguran. Selain mempengaruhi kehamilan, rokok juga dapat membuat anak lahir dengan berat badan yang rendah. Jadi, berhenti merokok dan menghindari asap rokok selama masa kehamilan adalah hal yang wajib ibu lakukan.

  1. Atur pola makan yang benar

Ibu hamil mudah sebaiknya makan dengan jumlah sedikit namun dengan frekwensi yang sering, hal ini untuk menghidari rasa mual dan muntah. Perbanyak protein dan sayuran.

Jangan takut akan perubahan fisik yang dialami ibu hamil muda karena itu merupakan hal yang normal. Periksan ke bidan atau dokter kandungan bila Anda merasa sakit perut yang sangat parah, perdarahan yang banyak, nyeri kepala berlebihan dan kenaikan berat badan berlebih. Antisipasi untuk melahirkan anak yang sehat dan kuat harus pula dibarengi dengan komitmen ibu untuk mengadopsi pola makan dan gaya hidup yang sehat. Selamat menikmati masa trimester pertama.

Di olah dari berbagai sumber.

Gambar : google pic

Pengaruh penggunaan jamban dan angka stanting pada balita

Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Mudik dan Sibuk Silaturahmi Lebaran

Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Mudik dan Sibuk Silaturahmi Lebaran