Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Gunakan Semangatmu untuk Membangun Bangsa yang Sehat dan Cerdas!

Gunakan Semangatmu untuk Membangun Bangsa yang Sehat dan Cerdas!

Microsoft-Ajak-Pemuda-Indonesia-Untuk-Lebih-Mandiri_1447886549.gif

Bayangkan, sekarang ada lebih dari 1.2 milyar orang yang di antara usia 10 dan 24, generasi terbesar dalam sejarah manusia, yaitu para pemuda. Penerus bangsa kita. Padahal, kesehatan adalah satu satunya modal terpenting dalam membangun bangsa. Bagaimana kita dapat melaksanakan berbagai program pembangunan jika para sumber daya manusia (dalam hal ini para pemuda) tidak sehat? Pasti akan sulit sekali. Kesehatan para remaja atau pemuda dipengaruh oleh beberapa faktor, seperti kurangnya akses ke fasilitas kesehatan, perilaku berisiko seperti seks bebas, minuman atau obat-obatan terlarang, dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena para remaja membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari orang dewasa karena pertumbuhan mereka yang pesar.

Pertama, orang tua dapat menjadi conoh dalam menanamkan perilaku yang sehat kepada anak sejak dini. Sleain itu, orang tua dapat mengisi jiwa anak-anak mereka dengan nilai-nilai agama dan pendidikan. Jadilah teman yang baik untuk anaknya karena lewat komunikasi yang baik, orangtua bisa memberikan informasi dan edukasi mengenai pentingnya gizi, dengan prinsip gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi, di Hari Sumpah Pemuda ini, kita ingin menggerakan para pemudi untuk melihat bahwa di 72 tahun Indonesia merdeka, masalah seputar kesehatan ternyata masih banyak yang harus kita perbaiki. Contohnya, kita masih sering mendengar berita seputar balita yang bergizi buruk. Bahkan, Riskesdas (2013) menunjukkan bahwa 37% atau 9 juta balita di Indonesia mengalami stanting, yaitu ketika panjang atau tinggi badannya di bawah standar. Banyak sekali yang menyebabkan stanting seperti kekurangan gizi selama 1000 hari pertama kehidupan dan pola hidup tidak sehat seperti buang air besar sembarangan (BABS). Jadi, walaupun ekonomi negara kita sudah berkembang, banyak dari masyarakat Indonesia belum dapat menikmatinya. Banyak daerah pinggir kota jika kita melihat, tidak dikelilingi dengan berbagai fasilitas publik yang dibangun dengan sangat baik. Selain itu, pola hidup masyaraktnya masih jauh dari konsep kesehatan yang ideal seperi BABS, dan buang sampah sembarangan.

Di sini, diharapkan peran maksimal para pemuda sebagai generasi yang akan meneruskan pertumbuhan negeri ini. Dan sebenarnya kita tidak harus melakukan perubahan dengan skala besar, melainkan memulainya dengan hal-hal yang paling sederhana. Contoh, pemuda dapat ikut menjaga kebersihan lingkungannya, seperti mengolah sampah dan mendaur ulangnya, dijual ke tempat daur ulang sampah. Namun, uang hasil penjualan sampah dapat digunakan untuk berbagai kegiatan kepemudaan. Apalagi sekarang, mereka dapat berkampanye lewat berbagai komunitas yang peduli tentang kesehatan dan lingkungan. Selain itu, pemuda sangat diuntungkan dengan teknologi seperti sosial media. Jadi, mereka dapat beradvokasi dengan menyebarkan informasi seputar kesehatan hanya dengan menekan tombol di ponsel atau smartphone mereka.

Marilah kita gunakan ilmu dan terutama semangat jika kamu seorang pemuda untuk menghasilkan bangsa yang kuat! Kita adalah pelopor yang mampu mendorong dan memberikan motivasi bagi masyarakat. Jadi, pastikanlah suaramu didengar dan dukung pendapatmu dengan tindakan nyata untuk memajukan negeri yang kita cintai. 

Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Cara Mudah Perah ASI Pakai Tangan

Cara Mudah Perah ASI Pakai Tangan

Cara Mengajak Anak untuk Rajin Gosok Gigi

Cara Mengajak Anak untuk Rajin Gosok Gigi