Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Empat Hak Anak yang Harus Diketahui

Anak bukanlah orang dewasa bertubuh mungil. Definisi anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk yang masih dalam kandungan. Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa setiap anak mempunyai hak, yaitu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, dihormati, dan dilindungi, agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Apa saja kebutuhan dasar seorang anak? Ada 4 hak anak yang harus dipenuhi, yaitu :

  1. Hak hidup

Kebutuhan dasar ini untuk keberlangsungan hidup anak, yaitu mendapatkan ASI eksklusif, imunisasi, makanan bergizi, perawatan kesehatan, dan tempat tinggal yang layak.

  1. Hak tumbuh dan kembang

Hak untuk mengembangkan potensi anak secara penuh seperti; mendapatkan pendidikan termasuk pendidikan usia dini, kasih sayang, motivasi, rekreasi, kegiatan untuk mengembangkan minat, bakat dan keterampilan.

  1. Hak perlindungan

Anak perlu mendapatkan perlindungan dan dicegah dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, dan eksploitasi seperti; anak tidak diperlakukan kasar, tidak dihukum secara fisik dan verbal, tidak digunakan untuk kepentingan  seksual dan ekonomi.

  1. Hak partisipasi

Anak diberi kesempatan untuk ikut terlibat dalam berbagai hal yang mempengaruhi hidup mereka. Ini disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangannya, misalnya anak dimintai pendapat dalam mengambil keputusan mengenai makanan, pakaian, sekolah, dan lain-lain.

Cara Memantau Tumbuh Kembang Anak

Cara Memantau Tumbuh Kembang Anak

Cara Mengenali Bayi Lahir Sehat dan Sakit

Cara Mengenali Bayi Lahir Sehat dan Sakit