Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

DPRD Landak Berkomitmen Untuk Mencegah Stanting

DPRD Landak Berkomitmen Untuk Mencegah Stanting

IMG_6925.jpg

Stanting merupakan kondisi di mana tinggi badan balita di bawah standar tinggi anak seusianya. Saat ini, 1 dari 3 balita Indonesia mengalami stanting. Stanting terjadi karena kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Akibatnya, anak yang stanting mempunyai fisik yang lebih pendek, kecerdasannya  cenderung lebih rendah, dan berisiko menderita penyakit tidak menular seperti kencing manis, penyakit jantung dan hipertensi di usia dewasanya.

Kalimantan Barat sendiri merupakan salah satu wilayah dengan angka balita stanting paling tinggi di Indonesia. Dan sekarang, ada sekitar 39.7 persen balita di mengalami stanting di Kabupaten Landak. Untuk upaya mengurangi angka stanting tersebut diperlukan komitmen dari pemerintah daerah untuk menyebar luaskan pengetahuan mengenai stanting tersebut.

IMG_6926

Hal tersebut dikemukakan oleh Dr. Utami Roesli, sebagai dokter spesialis anak dan Ketua Sentra laktasi Indonesia. Acara hearing tersebut dihadiri oleh Ketua, anggotanya, Bupati Landak yang diwakili Asisten III Sekda Landak Bernadus, Kepala Dinas Kesehatan Landak, Magdalena Nurainy Sitinjak dan jajaran, serta Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Landak (BP3AKB).

Program “Ayo Dukung Ibu Menyusui” adalah bagian dari Kampanye Gizi Nasional (KGN). Pemerintah Indonesia, didukung oleh MCA-Indonesia melaksanakan kampanye ini melalui IMA World Health yang mengadakan acara hearing tersebut.

Usai acara hearing, Ketua DPRD Kabupaten Landak, Heri Saman SH. MH, menandatangani komitmennya untuk mencegah stanting (22/8/16) di ruang sidang DPRD. "Jangan sampai ada masyarakat mengganggap ini tidak penting, itu yang harus kita dorong," ujar Heri. Adanya komitmen dari pemerintah daerah ini tentu akan menguntungkan banyak pihak, karena informasi mengenai stanting dapat disebar luaskan pada masyarakat. Juga mendorong para ibu untuk menyusui anaknya demi generasi yang lebih baik bukan hanya di Landak, tetapi di seluruh Indonesia pada masa mendatang.

Ayo Dukung Ibu-Ibu Landak Menyusui!

Ayo Dukung Ibu-Ibu Landak Menyusui!

Gempita ASI di  Setra Buah Duku - OKI

Gempita ASI di Setra Buah Duku - OKI