Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Dinkes OKI Berencana Laksanakan Kampanye Gizi Nasional di OKI

Dinkes OKI Berencana Laksanakan Kampanye Gizi Nasional di OKI

Dinkes-OKI11.jpg

Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyelenggarakan Lokakarya Perencanaan Partisipatif Kampanye Gizi Nasional untuk mencegah stanting 22-23 Desember lalu,   di Kayuagung, Sumatera Selatan (Sumsel). Lokakarya ini menghadirkan Dr Minarto, Direktur Kesehatan dan Gizi Millennium Challenge Account -Indonesia (MCA-Indonesia), Dr Agustin Kusumayati, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, dan Dr Ahmad Syafiq, dari IMA-World Health, sebagai pembicara. Pada hari kedua, dr. Eni Gustina, MPH, Kepala Pusat Promosi Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), memberikan presentasi tentang arah kebijakan promosi kesehatan di Indonesia.

Lokakarya dihadiri 58 peserta, antara lain dari Dinkes Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel), serta pemangku kepentingan lintas sektor Kabupaten OKI seperti Bapeda, Kementerian  Agama, Kantor Pemberdayaan Perempuan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, PKK,  Puskesmas, Kader Posyandu, Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Gizi Indonesia, Himpunan Kesehatan Lingkungan Indonesia, wartawan, Tim Generasi Sehat Cerdas dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Women Crisis Centre Palembang.

Kampanye Gizi Nasional adalah bagian dari Program Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stanting (PKGBM). Stanting adalah ketika balita lebih pendek dari pada standar tinggi menurut usianya.  Angka stanting di Sumsel mencapai 38,9%, lebih tinggi dari pada angka stanting nasional (37%). Secara nasional, sembilan  juta dari 24,5 juta balita Indonesia mengalami stanting.

Stanting berkaitan dengan beberapa faktorantara lain; pola asuh  anak misalnya kurang beragam dan kurang seringnya pemberian makanan, kurangnya gizi ibu, jarak antar kelahiran terlalu dekat, kurang pemberian ASI eksklusif, perilaku buang air besar sembarangan, serta kurang ketersediaan  pangan di rumah tangga.

Stanting meningkatkan risiko kesakitan, menghambat pertumbuhan otak sehingga anak sulit berprestasi dan masa bersekolah pendek. Di usia produktif, anak stanting memiliki penghasilan 20% lebih rendah daripada anak yang tumbuh optimal. Stanting dapat menurunkan pendapatan domestik bruto sebesar 3%. Kerugian nasional akibat stanting mencapai sekitar 300 triliun rupiah.  Bila tidak ditangani, anak stanting akan menjadi generasi yang hilang.

Keprihatinan inilah yang mendasari MCA-Indonesia mendukung Kemenkes dengan Program Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stanting (PKGBM). PKGBM dibiayai melalui dana hibah dari pemerintah Amerika Serikat melalui Millennium Challenge Corporation.

Pengurangan stanting hanya dapat terjadi dengan perilaku hidup sehat serta kebijakan yang mendukung. Karena itu, Kampanye Gizi Nasional menjadi salah satu komponen strategis PKGBM. Pelaksanaan Kampanye ini berdasarkan hasil riset formatif pada akhir 2014.

Lokakarya ini bertujuan untuk mengembangkan rencana kerja bersama dalam pelaksanaan Kampanye Gizi Nasional  di OKI, dan terbangunnya komitmen pemangku kepentingan. Lokakarya ini menghasilkan rencana kerja kampanye penurunan stanting di OKI yang akan dilaksanakan mulai 2016.

 

 

Deklarasi Mencegah Stanting di  Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

Deklarasi Mencegah Stanting di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

Kampanye Gizi Nasional Mulai Bergerak Ke Daerah

Kampanye Gizi Nasional Mulai Bergerak Ke Daerah