Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pemprov Jatim Perbaiki Gizi Balita
IMG_6409-e1460004526438.jpg

Provinsi Jawa Timur berhasil menekan angka balita gizi buruk melalui Therapeutic Feeding Center (TFC) atau Pusat Pemulihan Gizi, dan Community Feeding Center (CFC) atau Pos Pemulihan Gizi. Petugas TFC dan CFC terdiri dari dokter anak, perawat, dan fisioterapis. Penanganan kejadian gizi buruk dilaksanakan dengan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) serta melalui mekanisme rujukan dari posyandu atau puskesmas. Bila diperlukan dirujuk ke rumah sakit.

Gizi buruk dan stanting (masalah kekurangan gizi dan balita bertubuh pendek) bisa dicegah melalui upaya preventif dan promotif, yaitu selalu dilakukan pemantauan pertumbuhan melalui penimbangan balita setiap bulan di posyandu. Juga dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan penyuluhan di posyandu.

Berdasarkan hasil Pemantauan Status Gizi (PSG), diperoleh data bahwa angka balita dengan berat badan sangat kurang, yang artinya gizi buruk menurun dari 2.0% di tahun 2014 menjadi 1.8% di tahun 2015. Angka ini lebih rendah dibandingkan target MDGs atau Millenium Development Goals yaitu 3.6%.

(Sumber: Surabaya.Tribunnews)

 

Purwakarta Kembangkan Puskesmas Khusus Anak

Purwakarta Kembangkan Puskesmas Khusus Anak

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia dengan Perangi Diabetes

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia dengan Perangi Diabetes