Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Deklarasi Mencegah Stanting di  Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

Deklarasi Mencegah Stanting di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

rilis.jpg

  Seluruh Jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan tokoh masyarakat, memperingati Hari Gizi Nasional di Pendopo Bupati OKI, Sumatera Selatan, Rabu 27 Januari 2016. Peringatan ini ditandai dengan  deklarasi Komitmen Gizi Tinggi Prestasi, yang menjadi upaya mencegah stanting di OKI.

“Mencegah stanting adalah urusan kita bersama, harus dilakukan oleh semua sektor, sehingga generasi muda kita menjadi generasi yang unggul nantinya. Di OKI, angka stanting ini mencapai 40,5%, di atas angka nasional yang 37%, dan angka stanting di Sumatera Selatan yang 36%“ ungkap Bupati OKI, Iskandar.

Dr Minarto, Direktur Program Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat (PKGBM) Millennium Challenge Account-Indonesia menjelaskan, stanting adalah ketika balita memiliki panjang atau tinggi di bawah standar usianya. Menurutnya, stanting mengurangi kemampuan kognitif dan fisik anak, sehingga ketika anak tersebut dewasa, cenderung berpendidikan rendah, berpenghasilan rendah, dan lebih rentan terhadap berbagai penyakit tidak menular seperti sakit jantung dan diabetes. Namun demikian, Dr Minarto menjelaskan, stanting dapat dicegah dengan meningkatkan kesehatan dan gizi anak pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), dimulai dari kandungan sampai anak berusia 2 tahun. Masa ini adalah masa kritis tumbuh kembang anak.

"Menurut penelitian, kerugian ekonomi akibat stanting mencapai 3% dari produk domestik bruto atau sekitar Rp 300 triliun per tahun bagi Indonesia," ungkap Entos Zainal, Kepala Sub Direktorat Gizi dan Kesehatan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Pencegahan stanting, adalah salah satu agenda pembangunan nasional, yang tidak akan berhasil jika berbagai sektor terkait tidak bergerak, termasuk masyarakat, tokoh agama, dan swasta. Banyak hal terkait yang ditentukan oleh sektor lain, misalnya pertanian, ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat, kondisi sosial dan budaya, dan lain sebagainya.” jelas Entos Zainal.

Muhammad Lubis, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI mengatakan, agenda pasca deklarasi bersama ini adalah implementasi rencana Kampanye Gizi berikut kegiatan lain yang telah dirumuskan dalam forum lintas-sektor pada Desember 2015. Dalam forum itu peran para pihak disepakati untuk mendukung pencegahan stanting. Ini adalah dukungan yang luar biasa.

PKGBM dilaksanakan Kementerian Kesehatan dengan dukungan dari MCA-Indonesia, melalui Program Hibah Compact Millennium Challenge Corporation, sebuah lembaga donor dari Pemerintah Amerika Serikat.  OKI adalah salah satu lokasi pelaksanaan Kampanye Gizi Nasional PKGBM, yang merupakan wujud dari niat Pemerintah RI untuk mempercepat perbaikan gizi sebagai bentuk pembangunan SDM yang berkualitas.

Peringatan Hari Gizi Nasional 2016 bertema “Bersama Membangun Negeri Menuju Generasi Sehat Berprestasi” diharapkan mendorong Gerakan Nasional 1000 HPK. Gerakan ini merupakan inisiatif pemerintah  menjawab Perpres No. 42 tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi. Ini adalah bukti niat pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang sehat, cerdas, dan produktif. Untuk itu,  diperlukan status gizi yang optimal, dengan cara melakukan perbaikan gizi secara terus menerus. Perbaikan gizi dilakukan melalui peningkatan pola pemberian makan pada anak dan sanitasi. Sebuah investasi gizi yang menjadi modal Indonesia untuk bersaing dalam persaingan global.

Pers Berperan Besar dalam Perbaikan Gizi Masyakarakat untuk Kurangi Stanting

Pers Berperan Besar dalam Perbaikan Gizi Masyakarakat untuk Kurangi Stanting

Dinkes OKI Berencana Laksanakan Kampanye Gizi Nasional di OKI

Dinkes OKI Berencana Laksanakan Kampanye Gizi Nasional di OKI