Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Dapatkan Keunggulan ASI Berikut Ini Bagi Si Kecil

Dapatkan Keunggulan ASI Berikut Ini Bagi Si Kecil

Tips-Tetap-Lancar-Memberi-ASI-Selama-Puasa-Untuk-Ibu-Menyusui.jpg

Pemberian ASI eksklusif memang begitu gencar digaungkan. Hal ini tak lain agar para ibu mengetahui bahwa ada khasiat yang begitu luar biasa dalam kandungan ASI. Tak hanya bagi si kecil saja manfaat pemberian ASI tersebut, ibupun mendapatkan manfaat yang tak kalah pentingnya. Jadi, sangat disayangkan jika si kecil sejak lahir tidak mendapatkannya. Apa saja manfaat dan khasiat ASI yang tak diragukan tersebut?

  • Mencegah Bayi lahir kedinginan

Begitu bayi lahir dan dilakukan inisiasi menyusu dini, maka akan terjadi skin to skin contact dengan ibu. Bayi bisa merasakan kehangatan tubuh Ibu secara langsung. Hal ini juga mencegah dari kematian bayi karena kedinginan.

  • Mengandung kolostrum yang penting bagi tubuh

Pemberian ASI segera setelah bayi lahir ini sangat penting untuk memberi kesempatan bayi mendapatkan kolostrum. Kolostrum mengandung banyak antibodi, protein anti-infeksi, dan sel darah putih. Semua zat ini berguna untuk melindungi tubuh. Tubuh mempunyai kekebalan atau daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Kolostrum yang diperoleh bayi serta pemberian ASI yang dilakukan membuat bayi tidak mudah sakit. Selain itu, dapat mencegah bayi dari berbagai penyakit infeksi berbahaya, terhindar dari kemungkinan penyakit autoimun, munculnya alergi, serta mencegah kejadian timbulnya penyakit degeratif seperti obesitas, diabetes, dan lainnya.

  • Membuat Bayi lebih cerdas.

Salah satu komponen kandungan zat gizi pada ASI yaitu DHA (docosahexaenoic acid) sangat bagus untuk pertumbuhan otak. Maka itu ada penelitian pada bayi-bayi yang mendapatkan ASI lebih cerdas dengan IQ 3,2 poin lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan ASI.

  • Dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi

Di dalam ASI mengandung semua zat-zat gizi baik yang dibutuhkan untuk bayi. Zat-zat gizi ini dapat mencukupi kebutuhan bayi terutama hingga 6 bulan pertama.

  • Menjaga kesehatan saluran cerna

ASI juga mengandung enzim-enzim yang berguna bagi perkembangan organ-organ saluran pencernaan menjadi optimal. ASI dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan saluran cerna. Saluran cerna yang sehat membuat bayi tidak mudah terkena penyakit diare. Selain itu, zat-zat gizi yang dibutuhkan bayi dapat diserap tubuh dengan baik, sehingga pertumbuhan bayi menjadi optimal.

  • Praktis, bersih, dan ekonomis

Pemberian ASI dilakukan tanpa perlu repot. Ibu bisa memberikan kapanpun bayi memintanya secara langsung dan dalam kondisi fresh. Bayi memperolehnya secara gratis tanpa ibu harus mengeluarkan biaya, karena ASI akan selalu diproduksi oleh tubuh ibu.

  • Mempercepat kesembuhan bayi yang sakit

Pada bayi yang mengalami sakit, pemberian ASI yang dilakukan secara terus menerus dapat mempercepat kesembuhan. Selain mengandung zat untuk kekebalan dan daya tahan tubuh, ASI kaya pula khususnya dengan vitamin A. Vitamin A ini berguna membantu meringankan infeksi berat yang mungkin dialami bayi.

  • Memberi Kesehatan Bagi Ibu

Manfaat pemberian ASI juga berguna bagi kesehatan ibu menyusui. Ibu dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya kanker payudara dan rahim. Kondisi ibu yang sehat akan sangat penting dalam perawatan dan pengasuhan bayinya secara optimal.

Selain itu, menyusui juga menjadi salah satu cara dalam menjarangkan kelahiran (KB), sehingga ibu mempunyai kesempatan lebih lama dalam merawat bayinya tumbuh dan berkembang.

Kebutuhan Gizi bagi Ibu Menyusui dan Bayi

Kebutuhan Gizi bagi Ibu Menyusui dan Bayi

Menyambut Pekan ASI Sedunia (1-7 Agustus 2016)

Menyambut Pekan ASI Sedunia (1-7 Agustus 2016)