Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cerdas, Bidan Ini Membuat Kelas Ibu dari Media Online

Cerdas, Bidan Ini Membuat Kelas Ibu dari Media Online

Picture2.png

Sekelompok perempuan duduk berjajar setengah lingkaran, tampak raut wajah mereka serius, terdiam, saling memandang dan mereka terlihat bingung! “Saya ulangi ya, Bunda. Ada yang dapat menjelaskan arti Anemia?, ”Tanya bidan Yaumil mengulang pertanyaanya. Kembali, peserta kelas itu diam. Tanpa menunggu lama bu bidan kembali bertanya,” Nah, saya mau tanya lagi, biasanya saat masa hamil, apa yang sering dirasakan?.” Kali ini para ibu tidak diam lagi, bergantian mereka menjawab: pusing bu bidan, capek, ngantuk, pusing, dll.

“Kenapa ya bu? Pusing dan lemas?”, sela Bu Bidan.

“Kurang darah...!” jawab peserta serempak.

Itu adalah gambaran suasana kelas ibu yang difasilitasi oleh bidan Yaumil di Desa Kuala Behe, Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak. Kelas ibu (ibu hamil dan ibu balita), adalah media belajar bersama antar peserta tentang seputar kehamilan, kesehatan ibu dan anak, gizi, stanting  dan isu kesehatan lainnya. Kelas ibu diharapkan dapat memberikan pemahaman dan solusi praktis dari permasalahan yang dihadapi.

“Memfasilitasi kelas Ibu, kita harus dapat menyederhanakan materi ke dalam bahasa mereka (para ibu), untuk memberi solusi praktis dan harus siapkan berbagai tema agar kelas tidak monoton,” Kata Bidan Yaumil. Beliau adalah Bidan Koordinator (Bidkor) di Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak. Ia adalah salah satu bidan yang aktif mendukung program KGN (Kampanye Gizi Nasional) di Kabupaten Landak, program KGN terselenggara atas dukungan Kemenkes dan Milleneium Challenge Account – Indonesia (MCA-I).

“Ngerti Pak, Bidan Yaumil pindar menjelaskanya, juga banyak materi baru. Kalau ada jadwal kelas Bumil, pasti banyak yang datang," kata Ibu Suhaini, ibu hamil peserta kelas Ibu dari desa Kuala Behe Dusun Sejaya kepada Gizi Tinggi, lanjutnya lagi, ”Juga sering saya posting di Facebook, agar ibu yang lain dapat ikut di pertemuan selanjutnya”

Bidan Yaumil menyampaikan topik materi kelas ibu dari gizitinggi.org ©IMA/Asih Feranita

Langkah cerdas dilakukan oleh Bidan Yaumil untuk membuat kelas ibu agar tidak monoton, dengan memperbaharui topik diskusi  agar selalu menarik dan menjadi kebutuhan para ibu. Untuk itu Bidan Yaumil mencari informasi dari media online, yaitu salah satunya di www.gizitinggi.org

www.gizitinggi.org memberikan banyak informasi berharga dan praktis sekali tentang stanting dan pertumbuhan anak,” Kata bidan Yaumil.

 

Bidan Yaumil memberikan inspirasi pada kita, dengan semua kekurangan dan keterbatasan dihadapi, namun dapat diatasi dengan niat dan kreatifitas. Media online (website dan medsos) dapat diterjemahkan dalam kegiatan yang bermanfaat bagi kebaikan ibu hamil dan balita. Terima kasih Bidan Yaumil atas inspirasinya yang cerdas.

Tips Menyiapkan Bekal yang Sehat untuk Anak Tercinta

Tips Menyiapkan Bekal yang Sehat untuk Anak Tercinta

Menuntut Hak Kesehatan Dalam Dana Desa

Menuntut Hak Kesehatan Dalam Dana Desa