Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cegah Penyakit Berbahaya dengan Imunisasi

Cegah Penyakit Berbahaya dengan Imunisasi

Imunisasi-Unicef-Indonesia.jpg

Setiap orangtua pasti berharap anaknya selalu dalam keadaan sehat. Tentunya untuk itu perlu upaya agar anak memiliki daya tahan tubuh yang baik, agar terhindar dari penyakit. Salah satu caranya dengan imunisasi, yaitu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit. Jika anak sudah diimunisasi, suatu saat ketika ia terpapar penyakit tertentu, maka ia tak akan sakit atau sakitpun hanya ringan.    Berbeda bila tidak memperoleh imunisasi, ia akan mudah terpapar penyakit. Bahkan penyakitnya tersebut bisa menyebabkan kecacatan atau kematian. Penting bagi perempuan dan laki-laki untuk diberikan imunisasi secara lengkap. Imunisasi aman diberikan bagi anak yang sakit ringan, cacat, atau kurang gizi. Pemberiannya melalui suntikan atau ada yang diteteskan melalui mulut.

Beberapa penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan imunisasi yaitu hepatitis B, tuberkulosis, meningitis, difteri, tetanus, polio dan campak. Jika imunisasi dilakukan secara merata di masyarakat maka dapat mencegah penularan penyakit dan timbulnya wabah. Tentunya ini akan melindungi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Pemberian imunisasi wajib sebaiknya tepat waktu agar hasilnya efektif. Maka perlu diingatkan pada orangtua untuk membawa anaknya ke Posyandu. Pemberian imunisasi sebelum usia anak 1 tahun ada sebanyak 5 kali. Ini merupakan imunisasi dasar lengkap. Berikut jadwal pemberiannya :

       

     0 – 7 hari Hepatitis B (sebaiknya diberikan segera dalam 24 jampertama setelah lahir, agar hasilnya maksimal).
     1 bulan BCG, Polio 1
     2 bulan DPT–HB –Hib 1–dan Polio 2
     3 bulan DPT–HB–Hib 2-dan Polio 3
     4 bulan DPT–HB–Hib 3–dan Polio 4
     9 bulan Campak

 

 

 

Penyakit Berbahaya Apa Saja yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi?

Kapan Anak Harus Diimunisasi?

Kapan Anak Harus Diimunisasi?