Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cegah Diare dengan 4 Perilaku Hidup Bersih

Cegah Diare dengan 4 Perilaku Hidup Bersih

air-minum-unicef.org_.jpg

  Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat berdampak stanting pada anak. Penyebab diare karena bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang tercemar kotoran. Kotoran ini mungkin dibawa lalat atau dari tangan yang tidak bersih. Maka itu, untuk mencegah timbulnya diare, harus diperhatikan masalah kebersihan diri dan juga lingkungan. Perilaku hidup bersih dapat dilakukan dengan cara :

  1. Gunakan jamban atau kloset saat buang air besar.

Setelah menggunakan jamban untuk buang air besar dan kecil, siram hingga bersih. Hal ini untuk mencegah dari penyebaran kuman penyakit.

  1. Biasakan mencuci tangan

Gunakan sabun dan air mengalir saat mencuci tangan. Biasakan mencuci makan sebelum dan sesudah makan, sesudah buang air besar, sesudah membersihkan pup bayi atau menceboki anak, sebelum menyiapkan makanan dan sebelum menyusui .

  1. Makanan dan minuman dimasak terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

Perhatikan kebersihan dalam mengolah bahan mentah yang akan dimasak. Masaklah makanan hingga matang. Begitupula untuk air yang akan dikonsumsi. Gunakan air bersih dan masaklah air hingga mendidih dan biarkan mendidih selama 5 menit.

  1. Simpanlah makanan di tempat tertutup.

Jangan biarkan ditaruh di tempat terbuka karena dapat dihinggapi lalat. Jika makanan ditaruh di tempat terbuka dalam waktu 2 jam, maka sudah tidak aman lagi untuk dimakan.

Cara Mencegah Anak dari Diare

Cara Mencegah Anak dari Diare

Diare Penyebab Kedua Kematian Pada Anak

Diare Penyebab Kedua Kematian Pada Anak