Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cegah Dampak Kurang Gizi Seimbang

Gizi seimbang sangat diperlukan dan dibutuhkan tubuh, terutama bagi balita. Gizi seimbang artinya semua kecukupan gizi termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Saat ini sudah ada aturan tumpeng gizi yang menjadi pedoman dalam pemenuhan gizi tersebut. Demikian diungkap oleh dokter ahli gizi klinis, Dr.dr. Inge Permadhi. Sayangnya, menurut Inge, banyak anak di Indonesia yang mengalami kekurangan gizi seimbang. Balita akan menjadi tidak sehat dan mudah sakit. Kekurangan gizi ini akan memiliki dampak jangka pendek dan panjang yang buruk bagi tubuh.

Dampak jangka pendek antara lain;  perkembangan otak, tubuh fisik, serta organ metabolik tidak optimal. Sedangkan dampak jangka panjangnya antara lain;  menurunnya kemampuan kognitif anak, stanting, menurunnya kemampuan organ tubuh, dan mengalami penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, obesitas, penyakit jantung dan stroke.

Tentang Pedoman Gizi Seimbang, Permenkes no. 41 tahun 2014, mengatur mengenai susunan pangan sehari-hari, harus merupakan kelengkapan jenis bahan makanan sumber karbohidrat, protein nabati, protein hewani, sayur-sayuran dan buah-buahan yang menjadi sumber vitamin dan mineral. Susu sebagai bagian dari pangan hewani berupa minuman dianjurkan terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak setelah usia satu tahun. Konsumsi susu bagi anak usia sekolah juga membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan.

(Sumber : lifestyle.bisnis.com)

Siasati Konsumsi Cairan Bagi Ibu Hamil yang Berpuasa

Siasati Konsumsi Cairan Bagi Ibu Hamil yang Berpuasa

Cara Cegah Stanting Sejak Janin