Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cegah Anak Stanting Sejak Ibu Hamil

  Mengapa ibu perlu lebih memperhatikan masalah gizi semasa kehamilannya?. Karena gizi ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janinnya. Terutama dalam periode 1000 hari, yaitu 270 hari selama ibu hamil dan 730 hari sejak bayi lahir. Pada periode ini sedang terjadi proses pertumbuhan otak, yang dimulai sejak janin hingga sebelum anak berusia 5 tahun.

Jika ibu hamil kurang gizi, maka kesehatan ibu dan janin bisa terganggu. Bayi yang dilahirkan akan mempunyai berat lahir rendah. Anak bisa mengalami stanting. Kecerdasannyapun rendah karena pertumbuhan otak tidak maksimal.

Untuk mengetahui kondisi gizi ibu hamil dapat diketahui antara lain dari :

  • Lingkar lengan atas.

Ibu hamil dengan lingkar lengan atas yang kurang dari 23,5 cm berarti berisiko mengalami kekurangan energi kronik.

  • Indeks Massa Tubuh (IMT).

Indeks Massa Tubuh ini didapat dari hitungan yaitu Berat Badan (kg) : Tinggi Badan (m)₂. Jika hasil nilainya < 18,5, berarti ibu hamil mengalami kurang gizi.

  • Kenaikan berat badan selama kehamilan

Berat badan ibu hamil harus mengalami kenaikan dari berat badan awal.

  • Kadar darah merah dalam darah/hemoglobin.

Jika nilai Hb < 11 dl/L, maka ibu hamil mengalami anemia

Sebaiknya, ibu mendapatkan informasi dan edukasi mengenai makanan sehat selama hamil dan menyusui.  Ibu perlu mengetahui zat gizi apa saja yang diperlukan serta memilih bahan-bahan makanan sumber zat gizi yang dibutuhkan. Selain itu, ibu hamil juga harus mendapatkan makanan tambahan di luar makanan yang dikonsumsi. Baik yang diolah sendiri maupun makanan pabrikan.

 

Mengapa Anak Bisa Stanting?

Mengapa Anak Bisa Stanting?

Kondisi Stanting di Indonesia

Kondisi Stanting di Indonesia