Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cara Tingkatkan Praktik Menyusui

Cara Tingkatkan Praktik Menyusui

037594900_1418263277-ASI-e1459417024628.jpg

        Praktik menyusui dapat ditingkatkan. Ada beberapa potensi kebijakan dan program yang dapat dilakukan menurut Seri Jurnal Kesehatan The Lancet. Berikut antara lain :

  • Perlindungan kehamilan : Perlu adanya kebijakan cuti bayar bagi ibu bekerja agar dapat merawat bayi dan menyusui bayi yang baru lahir. The Lancet memperkirakan bahwa seorang wanita akan bekerja selama 30 tahun. Dari waktu tersebut, waktu cuti melahirkan rata-rata sekitar satu setengah tahun. Maka harus ada kesadaran bahwa menyusui adalah investasi kepada anak yang merupakan generasi penerus bangsa.
  • Undang-undang perlu ditegakkan dan dilakukan pengawasan yang ketat, untuk membatasi pemasaran dan promosi susu pengganti ASI bagi bayi dan balita.
  • Memperkuat budaya menyusui. Hal ini harus didorong dengan adanya kebijakan yang mendukung praktik pemberian ASI di fasilitas kesehatan dan tempat kerja. Kendala bagi ibu menyusui dapat diminimalkan dengan menyediakan ruang menyusui. Ini merupakan intervensi tanpa makan banyak biaya sehingga dapat mengurangi absensi hari kerja serta meningkatkan komitmen dan kinerja ibu bekerja.
  • Melanjutkan keinginan pemerintah dan masyarakat untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam program-program yang mendukung pemberian ASI.

(Sumber: The Lancet, Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012, BPS, BKKBN, Kementrian Kesehatan, ICF International)

Sepakat Turunkan Stanting di Kapuas

Sepakat Turunkan Stanting di Kapuas

Praktik Menyusui Meningkat Bila Didukung

Praktik Menyusui Meningkat Bila Didukung