Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cara Atasi Puting Lecet/Luka

Cara Atasi Puting Lecet/Luka

tumbuhkembangcoidputingluka1.jpg

  Pada masa menyusui, terkadang ibu mengalami puting lecet/luka. Paling sering ini terjadi karena bayi saat menyusu tidak melekat dengan baik. Bayi hanya mengisap puting susu saja yang masuk ke dalam mulut bayi. Ketika bayi mengisap, puting akan bergesekan dengan langit-langit  bayi yang keras. Cara ini bisa membuat kulit puting rusak dan menyebabkan puting retak pada bagian ujungnya. Akibatnya, ibu akan merasa sakit dan nyeri ketika menyusui.

Jika puting susu ibu luka, kompreslah payudara dengan es batu untuk mengurangi rasa sakit. Bisa juga ibu mengompresnya dengan larutan natrium klorida (NaCl) sekitar 5-10 menit. Kemudian bersihkan payudara dengan air matang dan keringkan dengan tisu. Jaga payudara tetap kering.

Ibu yang nyeri saat menyusui, bisa memerah ASI dengan pompa. Jika sakit diperah dengan pompa, maka perahlah dengan tangan perlahan-lahan. Untuk membantu penyembuhan, ibu bisa oleskan pelembap pada bagian yang luka. Untuk mengurangi rasa nyeri, ibu juga boleh mengonsumsi parasetamol/ibuprofen. Ketika mandi, gunakan sabun yang tidak mengandung parfum atau nonantiseptik. Jika tampak infeksi pada bagian puting luka, maka segera konsultasikan ke dokter. Kemungkinan akan diberi krim/salep berisi antibiotik.

Untuk mencegah jangan sampai terjadi puting lecet, maka posisi menyusui ibu harus benar. Sebagian besar areola atau bagian yang berwarna hitam harus masuk ke dalam mulut bayi. Bibir bawah bayi mengarah dengan baik ke bawah puting, sehingga bayi meletakkan lidahnya di saluran ASI. Ketika bayi mengisap, ibu tidak merasa sakit.

 

Angka Kematian Ibu Masih Tinggi

Bagaimana Menyapih Anak 2 Tahun?

Bagaimana Menyapih Anak 2 Tahun?