Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cara Atasi Bayi Rewel Karena Lapar

Cara Atasi Bayi Rewel Karena Lapar

pixabaycom1.jpg

Pernahkah ibu mengalami bayinya rewel dan sebentar-sebentar minta menyusu?  Bayi seolah tidak merasa kenyang. Seringkali ibu merasa apakah memang ASI-nya kurang mencukupi kebutuhan bayinya? Perlukah bayi diberikan susu formula? Bila ibu menemukan bayi sering rewel karena lapar seperti itu,  ibu perlu tahu kondisi yang tengah dialaminya. Umumnya, kondisi seperti itu dialami pada bayi di masa fase percepatan pertumbuhan  (growth spurt). Jadi, bayi mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dari keadaan yang normal.

Pada masa fase percepatan pertumbuhan ini sering ditemui bayi menyusu lebih sering dan lama. Ketika menyusu terkadang sulit dilepaskan. Pola tidur bayipun menjadi berubah. Di malam hari tidak mau tidur, maunya menyusu terus. Sementara siang hari tidurnya sangat lama. Setiap bayi mengalami fase percepatan pertumbuhan di usia yang berbeda-beda.  Umumnya, pada usia 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4, bulan, dan 6 bulan.

Ketika menghadapi bayi dengan kondisi rewel karena lapar, jangan sekali-kali memberinya susu formula. Pemberian susu formula akan membuat bayi merasa kenyang dan keinginan menyusu ASI berkurang. Akibatnya, ASI yang tidak diisap bayi membuat produksi ASI menjadi berkurang.

Jadi, hindari susu formula, tetap berikan bayi ASI eksklusif. Berikan ASI sesering mungkin. Ibu juga harus mengonsumsi energi dan zat gizi yang baik, banyak minum air, dan beristirahat. Hal ini penting untuk produksi ASI tetap terjaga dan dapat memenuhi kebutuhan bayi.

(Sumber :  Gizi Ibu dan Bayi. Dr. Sandra Fikawati, dkk)

 

 

 

Studi : Infeksi Dapat Menyebabkan Stanting

Studi : Infeksi Dapat Menyebabkan Stanting

Konsep Posyandu Remaja, Solusi Masalah Gizi Remaja

Konsep Posyandu Remaja, Solusi Masalah Gizi Remaja