Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bupati Kapuas: "Perhatian Bapak Hanya di Gizi Anak Tidak Cukup"

Bupati Kapuas: "Perhatian Bapak Hanya di Gizi Anak Tidak Cukup"

DSCF4953.jpg

KAPUAS, 5 NOVEMBER 2016: Peran seorang  Ibu, menjamin kesehatan gizi keluarga, sudah lumrah dibicarakan. Namun bagaimana peran seoarang  Bapak  dalam tanggungj awabnya untuk menjamin kesehatan anak dan keluaga menjadi perhatian baru saat ini.  Lalu apa sebenarnya peran Bapak? Haruskah Bapak  memasak? Ke pasar atau ada yang lain ?

Perbincangan ini terjadi pada peringatan hari bapak dan hari kesehatan pada tanggal 5 November 2016 di GOR Panunjung Tarung Kuala Kapuas. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari seribu orang dari kecamatan di Kabupaten Kapuas. Peringatan hari Bapak dan hari Kesehatan Nasional adalah merupakan kolaborasi dari Millenium Challenge Account – Indonesia (MCA-I), Pemerintah Kabupaten Landak, dan Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Tengah.

Berdasarkan hasil penelitian formatif yang dilakukan oleh MCA-I, diketahui bahwa 96% bapak sangat ingin untuk turut serta dalam terlibat dalam penentuan gizi keluarga. Kendala utama yang dihadapati untuk mewujudkan inisastif baik dari Bapak ini adalah karena para Bapak kurang paham tentang hal apa yang harus dilakukan, dan keterbukaan dan kerjasama antara Bapak dan Ibu menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Dilain sisi, banyak peran Bapak bisa dilakukan untuk mendukung gizi keluarga. Bapak tidak saja berperan sebagai pemberi nafkah untuk membeli pangan pada keluarga, namun Bapak bisa membantu memberikan pertimbangan pada pemilihan jenis pangan untuk kecukupan gizi, mendukung ibu untuk menyiapkan pangan sehat dan bergizi.

Kegiatan peringatan hari Bapak dan Kesehatan dilakukan dengan berbagai kegaitan seperti : cuti tangan pakai sabun (CTPS) yang dihadiri oleh 100 orang anak PAUD di Kabupaten Kapuas yang dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai makanan bergizi. Talkshow yang di moderator oleh Sogi – arti ibu kota dan lomba masak makanan sehat oleh Bapak – Bapak.

“Oleh karena itu, perhatian seorang Bapak kepada pemenuhan gizi keluraga tidaklah cukup, Bapak harus bisa memberikan kasih sayang dan perhatian kepada keluaga untuk menciptakan keluarga sehat,” sambutan Bupati Kabupaten Kapuas Bapak Ir. BEN BRAHIM S. BAHAT, MM, MT saat membuka acara. Ditambahkan lagi, perlunya sikap aktif dari Bapak untuk memastikan gizi keluarga dapat terpenuhi dengan baik.

Peran Bapak sangat menentukan tingkat gizi keluarga. Ayah Hebat, Keluarga sehat.

6 Perubahan yang Dialami Ibu Hamil

6 Perubahan yang Dialami Ibu Hamil

Inilah Gejala Alergi Susu pada Anak dan Cara Mencegahnya

Inilah Gejala Alergi Susu pada Anak dan Cara Mencegahnya