Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bolehkah Menjemur Bayi Baru Lahir?

Bolehkah Menjemur Bayi Baru Lahir?

tribun-news-com.jpg

Sebetulnya tidak disarankan untuk menjemur bayi baru lahir. Selama ini tidak ada literatur yang mengatakan boleh menjemur bayi di bawah sinar matahari. Namun masih banyak orangtua yang melakukannya. Bayi dengan bertelanjang badan digendong atau ditaruh di suatu tempat di halaman rumah untuk beberapa saat lamanya agar terkena sinar matahari. Orangtua masih ada yang beranggapan bahwa dengan menjemur bayi dapat membantu mengatasi bayi kuning. Apakah memang demikian? Bayi kuning sebetulnya karena kadar bilirubin dalam darahnya tinggi. Hal ini terjadi karena organ hati bayi belum sempurna untuk membuang kadar bilirubin tersebut. Bayi kuning merupakan hal normal dan biasanya terjadi pada usia 3-5 hari. Kecuali, bila kuningnya terjadi dalam 24 jam setelah lahir dan berlangsung lebih dari dua minggu. Maka bayi ini perlu penanganan lebih lanjut. Menjemur bayi bukanlah cara untuk mengatasinya.

Menjemur bayi sebetulnya tidak dianjurkan karena kulit bayi masih rentan. Sementara sinar ultra violet dari sinar matahari dapat membahayakan kulit bayi. Bila sekedar agar bayi mendapatkan vitamin D dari sinar matahari sebaiknya di pagi hari sekali, sekitar pukul 7 pagi. Itupun tidak boleh berlama-lama, paling lama mungkin sekitar 15 menit. Sebetulnya, untuk bayi mendapatkan vitamin D dari sinar matahari  tak perlu dilakukan secara khusus dengan menjemurnya. Dengan membuka jendela kamar agar sinar matahari pagi hari masuk ke dalam ruang saja sudah cukup.

 

Pemeriksaan Bayi Baru Lahir

Pemeriksaan Bayi Baru Lahir

Kenapa Bayi Tampak Kuning?

Kenapa Bayi Tampak Kuning?