Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bolehkah Ibu yang Mengonsumsi Obat Menyusui Bayi?

Bolehkah Ibu yang Mengonsumsi Obat Menyusui Bayi?

balitapediacom.jpg

Keunggulan ASI sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh bayi maupun ibu menyusui. Selain praktis dan murah, ASI mencegah infeksi pada bayi, dapat mempererat ikatan emosional antara ibu dan bayi. Bagi ibu juga dapat menjaga kesehatannya sehingga dapat terhindar dari kanker payudara maupun indung telur. Ketika dalam kondisi tertentu seperti ibu sakit dan harus mengonsumsi obat, maka perlu berhati-hati. Apapun yang dikonsumsi ibu dapat mempengaruhi ASI. Nah, obat-obatan apa saja yang harus menjadi perhatian ibu dan bagaimana pula dengan proses menyusuinya?

  • Obat anti kanker. Ibu yang menjalani pengobatan kanker dan harus mengonsumsi obat-obatan anti kanker maka ibu tidak boleh menyusui.
  • Obat anti kejang. Ibu masih diperbolehkan untuk menyusui bayinya.
  • Obat dalam pengawasan dokter seperti antara lain: Tetracycline, Chloramphenicol, Metronidazole, harus tetap berkonsultasi dengan dokter.
  • Kontrasepsi mengandung estrogen dan diuretik, produksi ASI akan menurun.
  • Obat bebas seperti parasetamol, efedrin HCL, dan CTM tergolong aman bagi ibu menyusui.
Apa Tanda Anak Tumbuh Sehat?

Apa Tanda Anak Tumbuh Sehat?

Ibu Menyusui Harus Banyak Minum