Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bisakah Stanting Dicegah?

Bisakah Stanting Dicegah?

buletinsehatcom-2.jpg

Stanting sangat dimungkinkan untuk dicegah. Caranya dengan memastikan gizi yang cukup dan seimbang pada ibu hamil dan anak. Terutama pada periode 1000 hari pertama. Periode ini istilahnya adalah Window of Opportunity. Mengapa periode ini penting? Karena, bila di masa ini anak kekurangan gizi maka dimulailah kegagalan pertumbuhan yang akan berdampak pada usia selanjutnya. Akibatnya, menyebabkan banyak kerusakan yang menghambat pertumbuhan fisik dan mental anak. Anak mengalami risiko gagal tumbuh, kurangnya daya tahan tubuh sehingga mudah terkena infeksi bahkan dapat menyebabkan kematian, perkembangan otak terhambat, rendahnya kecerdasan anak, menurunnya produktivitas yang akan mempengaruhi potensi penghasilannya kelak. Kerusakan yang ditimbulkan ini tidak dapat diperbaiki. Dampaknya akan terus mempengaruhi anak di sepanjang kehidupannya. Untuk menghindarinya, perlu penanganan secara preventif. Salah satunya dengan intervensi gizi.

Intervensi gizi dilakukan pada ibu hamil agar mendapatkan asupan makanan bergizi yang mencukupi. Juga dilakukan pada bayi dan anak. Caranya dengan meningkatkan pemberian ASI pada usia bayi. Dimulai dengan Inisiasi Menyusu Dini ketika lahir. Kemudian pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan pemberian ASI tahap kedua serta pemberian makanan pendamping ASI.

Pada periode pemberian makanan pendamping ASI, perlu diperhatikan dalam hal jenis, kualitas, dan keragaman makanannya sehingga anak mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Tak lupa pula dengan upaya-upaya menarik dan menyenangkan yang dilakukan orangtua dalam pemberian makan pada anak.

 

Permasalahan Stanting dan Cara Mengatasinya

Akibat Stanting Bagi Masa Depan Anak

Akibat Stanting Bagi Masa Depan Anak