Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bidan Indah, Di antara Dukun dan Mitos Tradisonal

Bidan Indah, Di antara Dukun dan Mitos Tradisonal

05R6052.jpg

Desa Palangkai, kecamatan Pulau Petak adalah salah satu desa di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Desa ini terletak sekitar 239 kilometer dari ibu kota kabupaten Kapuas. Perjalanan menuju desa Palangkai bisa ditempuh selama 5 setengh jam berkendara dengan melewati pemandanan hutan dan perairan sepanjang perjalanan menuju desa itu.

Bidan Indah (42), begitu warga desa Palangkai bisa menyapanya, Ia adalah bidan desa di tersebut. Siapa tidak mengenal bidan Indah,  hampir warga desa sudah mengenal Bidan Indah dengan baik, seiring masa pengabdian yang lebih dari 20 tahun sudah dilaksanakan memberikan pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat desa Palangkai.

“Saat awal penugasan di desa ini (Palangkai), masalah utama adalah kepercayaan masyarakat,” tutur Bidan Indah memulai bercerita,” Masyarakat lebih percaya pada dukun tradisional untuk semua masalah kesehatan, dari pada bidan muda seperti saya. Mereka tidak begitu percaya.”

Bidan Indah menambahkan lagi, “Kegiatan Posyandu hampir tidak aktif dan posyandu pun dari rumah ke rumah. Kita harus aktif mendatangi rumah bumil, bukan mereka yang datang ke posyandu”. .

Tantang selanjutnya adalah  memberikan penyadaran pada masyarakat tetang pola hidup yang sehat. Tangkat pendidikan masyarakat yang relatif masih rendah, dan dengan begitu banyak mitos – mitos yang tidak sesuai dengan fakta kesehatan, membuat bidan Indah sulit untuk bisa mendorong perubahan prilaku kesehatan masyarakat. Kondisi kesehatan para ibu dan balita di desa Palangkai juga menghawatirkan, seperti kondisi stanting akibat kekurangan gizi kronis hingga gizi buruk pada balita. Pemberian makanan bayi dan anak adalah masalah serius di wilayah tersebut. Walaupun sudah menerima informasi melalui penyuluhan namun jarang dipraktekadi rumah.  “Banyak bahan pangan lokal bisa ditemuai, dari ikan, sayur dan juga buah. Namun, para ibu hanya malas repot, malas memisahkan jenis MPASI sesuai usia balita dtambah dengan mitos yang salah dan dukungan keluarga yang kurang, maka lengkap sudah!,” ujarnya.

Bidan Indah menambahkan lagi“Kadang-kadang saya merasa lelah, kalo sekedar ngomong gak didengar, seperti belum masuk kuping omongan kita, sudah keluar duluan”

Tetapi, ia tidak patah semangat, salah satu cara pendekatan yang saat ini berhasil dilakukan, yaitu dengan memberikan contoh-contoh  yang baik serta tidak putus asa untuk terus berkomunikasi dengan masyarakat. Pendekatan – pendekatan kepada dukun mulai dilakukan untuk bisa bekerjasama dalam memberikan informasi yang kesehatan yang benar pada masyarakat terutama agar bisa melahirkan di fasilitas kesehatan.

Semangat Bidan Indah semakin tinggi, sejak ada dukungan dari program Kampanye Gizi Nasional, terutama untuk mendorong kegiatan posyandu.

“Sekarang, kegiatan posyandu lebih aktif dari sebelumnya. Dengan bantuan fasilitator kecamatan program KGN, diposyandu menjadi menarik, karena ada beragam kegiatan menarik seperti  demo masak, quiz, konseling dan lainnya.  Hal ini telah mendorong semangat para ibu-ibu untuk datang ke posyandu.

Bu Indah adalah sosok bidan yang telah berkontribusi untuk membangun kesehatan masyarakat didesa dengan segala aral, rintangan dengan sebuah semangat pengabdian yang besar. 

Hanya 35% Rumah Tangga di Indonesia Memiliki Sabun

Hanya 35% Rumah Tangga di Indonesia Memiliki Sabun

Berapakah Kebutuhan Energi Ibu Hamil?

Berapakah Kebutuhan Energi Ibu Hamil?