Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Berpengaruhkah Asupan Makanan Pedas Ibu Menyusui pada ASI?

Berpengaruhkah Asupan Makanan Pedas Ibu Menyusui pada ASI?

solusisehatku-com-makanan-ibu-menyusui.jpg

Umumnya orangtua jaman dulu sering menasehati ibu yang tengah menyusui agar tidak sembarang makan karena bisa memengaruhi ASI. Apa yang dimakan ibu akan dimakan pula oleh bayi. Bahkan untuk mengonsumsi protein ikan yang sebenarnya sangat baik dikonsumsi ibu menyusui, sering dikatakan bisa membuat ASI menjadi bau amis. Sebetulnya, sejauh mana asupan makanan ibu memengaruhi ASI? Memang benar jika ibu menyusui sebaiknya tidak makan sembarang. Pilihlah makanan yang memang mengandung zat-zat gizi baik yang berguna bagi tumbuh kembang dan juga kesehatan bayinya. Hindari makanan yang tidak bermanfaat. Apalagi bila makanannya mengandung zat-zat berbahaya seperti pengawet, perasa, dan pewarna.

Penelitian Manella dan Bauchamp menyatakan bahwa makanan yang dikonsumsi ibu dapat memengaruhi rasa dan aroma ASI. Apa yang ibu makan dalam waktu 1 jam belum tercium aromanya pada ASI. Tetapi setelah 2 jam ibu makan, baru akan tercium aromanya.

Maka itu, ibu menyusui sebaiknya menghindari asupan makanan yang tidak bermanfaat seperti minuman beralkohol. Begitu juga minuman yang mengandung kafein atau minuman yang mengandung zat pewarna, serta makanan berbumbu tajam atau pedas.

(Sumber : Gizi Ibu dan Bayi. Sandra Fikawati, dkk).

Perhatikan 6 Hal Ini, Makanan Bayi Terhindar dari Kuman

Perhatikan 6 Hal Ini, Makanan Bayi Terhindar dari Kuman

Amankah Konsumsi Sushi Bagi Ibu Hamil?

Amankah Konsumsi Sushi Bagi Ibu Hamil?