Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Berapa Sering dalam Sehari Ibu Harus Menyusui Bayi?

Berapa Sering dalam Sehari Ibu Harus Menyusui Bayi?

sumber-gudangkesehatan.com-2.jpg

  Biasanya, pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh para ibu yang baru mempunyai bayi.  Ini karena rasa khawatir ibu bila bayinya nanti kurang konsumsi makanannya berupa ASI.

American Academy of Pedriatics merekomendasikan, ibu menyusui sebanyak 8 sampai 12 kali sehari selama 1 bulan pertama. Sebenarnya, tak ada batasan atau panduan tertentu dalam menyusui bayi. Awalnya, bayi akan mengisap ASI lamanya 5 sampai 20 menit pada setiap payudara. Bisa lebih lama atau cepat tergantung keinginan bayi.

Upayakan bayi menyusu pada setiap payudara ibu secara bergantian. Namun tak masalah jika ada bayi yang baru menyusu pada satu payudara ibu dan setelah itu tertidur. Pada sesi menyusu berikutnya, upayakan menyusu pada payudara yang satu lagi.

Menyusui bayi tak perlu dijadwal sedemikian rupa. Berikan setiap kali bayi meminta. Biasanya setiap 1,5 atau 3 jam. Perlu diingat, ukuran lambung bayi baru lahir kecil sekali. Jadi, bayi minum ASI sedikit demi sedikit tetapi sering. Maka itu, biarkan bayi mengatur kapan dirinya mau menyusu. Saat bayi mengatur asupan ASI, secara otomatis payudara ibupun akan mengatur produksi ASI.

Tak ada istilah, “jarak minumnya terlalu sebentar.” Jarak antara minum ASI berikutnya 45 menit sudah normal. Tapi, jangan sampai bayi tak minum ASI dalam jarak 4 jam lebih.

Ada saatnya bayi mengalami percepatan tumbuh (growth spurt) kira-kira dalam 2-3 hari. Percepatan tumbuh terjadi pada bayi usia 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, dan 6 bulan. Saat itu, bayi akan membutuhkan lebih banyak ASI dari sebelumnya.  Tak perlu heran, bila selama masa itu bayi akan lebih sering meminta ASI, bahkan setiap setengah jam.

(Sumber: kidshealth.org, American Academy of Pediatrics)

Yuk, Coba Trik Agar Bayi Mau Makan

Yuk, Coba Trik Agar Bayi Mau Makan

Puskesmas Pakis Canangkan Akta Kelahiran Gratis

Puskesmas Pakis Canangkan Akta Kelahiran Gratis