Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bengkalis Raih Peringkat Dua Pameran Display Grand Strategi Program STBM

Bengkalis Raih Peringkat Dua Pameran Display Grand Strategi Program STBM

medium_52bengkalis-peringkat-dua-pameran-display-grand-stra.jpg

Belum lama ini, Kabupaten Bengkalis meraih peringkat dua pada Pameran Display Grand Strategi Program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Pekanbaru. Penilaian dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan  oleh Bapak Dirman Siswoyo selaku Advisory Pamsimas Kesehatan Kementerian RI. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Moh Syukri mengatakan kepada wartawan bahwa perencanaan Grand Stategi Program STBM tahun 2019 digunakan dalam program nasional. Daerah pembangunan sanitasi yang dipilih untuk memperkuat upaya membudidayakan hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan seperti diare, kecacingan, penyakit mata, penyakit gatal-gatal, kolera, disentri. Juga termasuk meningkatkan kemampuan masyarakat serta mengimplementasi  komitmen pemerintah terkait sanitasi yang tertuang dalam RPJPN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Negara) tahun 2025.

Adanya implementasi STBM ini memberikan perkembangan sanitasi tingkat Kabupaten Bengkalis sangat baik. Bahkan, Bengkalis termasuk salah satu kabupaten yang memberikan nilai daya ungkit perkembangan akses sanitasi tingkat propinsi secara signifikan.

Dinas Kesehatan Propinsi Riau memberikan apresiasi kepada Kabupaten Bengkalis dengan beberapa katagori  prestasi tahun 2016. Bengkalis menempati posisi terbaik ketiga Sanitasi se-Propinsi Riau, rangking pertama data perkembangan desa STBM Se-Riau, dan terbaik kedua pameran display sanitasi menuju capaian universal akses sanitasi 2019.

“Untuk Propinsi Riau di tingkat nasional termasuk katagori level 2 dan penggunaan smart STBM tentang Proporsional sebaran STBM Smart teraktivasi meraih rangking 4 se-Indonesia,” ujarnya.

Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Edi Sudarto menambahkan, Pameran Display Sanitasi yang ditampilkan Bengkalis berdasarkan pengalaman di lapangan dengan pendekatan masyarakat. Memakai strategi yang terbaik dengan memuat hal-hal luar biasa dengan tiga komponen untuk mempercepat pembangunan kesehatan, seperti enabling environment (menciptakan lingkungan yang kondusif), peningkatan kebutuhan sanitasi (demand side), dan peningkatan penyediaan sanitasi (supply) serta menggambarkan kondisi yang riil dan nyata secara singkat dan tersusun sistimatis serta disajikan dalam bentuk menarik, inovatif dan kreatif. Display dilengkapi pula dengan foto, copy dokumen, ukuran display, grafik data dan miniatur benda.

(Sumber: Mediacenter.riau.go.id)

 

Bengkalis Lakukan Deklarasi Setop BAB Sembarangan

Bengkalis Lakukan Deklarasi Setop BAB Sembarangan

Alasan Medis Ibu Tidak Menyusui

Alasan Medis Ibu Tidak Menyusui