Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bayi Baru Lahir Cukup Rentan

Bayi Baru Lahir Cukup Rentan

keluargacom1.jpg

Bayi baru lahir kelihatan sangat kecil. Kondisinya masih cukup rawan, maka itu perlu perawatan yang baik dan teliti. Untuk memastikan kondisi kesehatannya, setelah lahir, bayi harus dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan terlatih sebanyak 3 kali yaitu : pada 6-48 jam pertama, pada umur 3-7 hari, dan pada umur 8-28 hari. Perawatan pada bayi baru lahir yang dapat ibu lakukan yaitu :

  • Memberi ASI setelah bayi lahir. Paling tidak dalam 24 jam setelah lahir bayi diberi ASI 8 kali. Selain mempererat hubungan ibu dan bayi, juga memberikan kekebalan bayi terhadap infeksi.
  • Jika bayi belum bisa menyusu, ibu dapat memerah dan menyimpan ASI-nya pada botol steril. Pemberiannya dengan menggunakan sendok atau gelas/cangkir.
  • Bayi dijaga agar tetap hangat, nyaman dan aman.
  • Dijaga kebersihan tali pusatnya, dimandikan, digantikan pakaiannya, dibersihkan mulutnya sehabis menyusu dan disendawakan setelah diberi ASI.
  • Lakukan pemeriksaan teratur sesuai jadwal, diimunisasi secara berkala serta ditimbang berat badannya untuk memantau pertumbuhannya.
  • Diberi stimulasi agar bayi mampu tumbuh dan belajar dengan cepat. Caranya antara lain : sering memeluk dan menimangnya dengan penuh kasih sayang, gantung benda berwarna cerah yang bergerak dan bisa dilihatnya, ajak bayi tersenyum dan bicara, perdengarkan musik
Cara Mengenali Bayi Lahir Sehat dan Sakit

Cara Mengenali Bayi Lahir Sehat dan Sakit

Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Ibu Masa Nifas