Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Baikkah Diet Bagi Kesehatan Ibu Hamil?

Baikkah Diet Bagi Kesehatan Ibu Hamil?

139-TRP-Makanan-rendah-kalori.jpg

Di era globalisasi dan teknologi, informasi menjadi sangat mudah untuk tersebar. Termasuk berbagai tren gaya hidup seperti vegetarian, vegan, juice cleanse, diet Mayo, dan masih banyak yang lain. Menurut hasil polling pembaca majalah Chic, ditemukan data bahwa 58% perempuan memilih cara diet dengan mengurangi porsi makan. Sedangkan 31 persen perempuan mengaku berhasil diet dengan cara tidak makan malam. Sisanya, 11 persen perempuan mengaku sukses diet dengan tidak makan nasi. Kini banyak orang mengadopsi gaya hidup sehat. Sebagian besar termasuk memiliki kebiasaan makan yang sehat dengan diet-diet tertentu. Pertanyaannya adalah, apakah diet bermanfaat bagi perempuan yang sedang hamil? Salah satu contoh diet atau gaya hidup adalah vegetarianisme. Seorang yang vegetarian akan mengonsumsi banyak sayuran dengan kalori yang rendah, serta mengatakan tidak pada daging. Menurut Indonesia Vegetarian Society (IVS), pada tahun 1998 sampai 2010, populasi vegetarian meningkat dari lima ribu menjadi 500 ribu orang dan jumlahnya terus meningkat sampai saat ini.

Jika ibu hamil tetap menjadi vegetarian dan mengonsumsi banyak sayur, sistem kekebalan janin akan terbantu. Tetapi, berat badan ibu akan cenderung menjadi rendah. Akhirnya bayi akan lahir kurang gizi serta berberat badan rendah. Oleh karena itu, risiko sang bayi menderita intrauterine grwoth restriction (IUGR) atau pembatasan pertumbuhan intrauterin akan lebih tinggi. Permasalahan kesehatan yang terkait dengan IUGR adalah bibir sumbing.

Selain gaya hidup vegetarian, diet Mayo adalah program diet tanpa garam yang dijalani selama 13 hari untuk meningkatkan gizi seseorang. Penurunan berat badan sebanyak 6 - 8 kilogram juga menjadi target diet Mayo.

Meskipun beraneka macam diet ada manfaatnya, perlu diingat bahwa ibu hamil tak hanya makan untuk dirinya saja. Apa yang dikonsumsi ibu akan berdampak pada perkembangan janin serta produksi ASI. Oleh karena itu, ibu memerlukan pola makan yang seimbang dan tidak terbataskan dengan diet. Makanan harus mencakup semua kategori gizi. Jangan berpikir untuk menjaga berat badan. Pikirkan bagaimana agar bayi lahir dengan kondisi optimal.

 

Keberadaan Ruang Menyusui di Sleman Kurang Optimal

Keberadaan Ruang Menyusui di Sleman Kurang Optimal

Kader Posyandu Harus Berkualitas

Kader Posyandu Harus Berkualitas