Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Bagaimana Merawat Payudara Sebelum dan Selama Menyusui?

Bagaimana Merawat Payudara Sebelum dan Selama Menyusui?

mastitis-kendala-para-ibu-menyusui.jpg

  1. Massage payudara

Memijit payudara adalah salah satu cara yang paling baik, untuk membentuk otot-otot serta kelenjar payudara untuk menghasilkan ASI dan menjaga produksinya menjadi lebih optimal.

2) Membersihkan puting payudara

Menjaga kebersihan payudara tentu menjadi hal yang sangat penting, dan masuk dalam tips mempersiapkan ASI sebelum melahirkan. Nah, biasanya di ujung puting payudara, ada lubang kelenjar di mana susu akan keluar. Jika lubang kecil ini tidak dibersihkan, kerak atau kotoran akan muncul di permukaan puting dan tentu air susu akan susah keluar. 

Selain itu, puting ibu juga akan terluka saat bayi menyusu, apalagi kalau tidak rajin dibersihkan. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kapas yang diolesi atau dicelupkan pada baby oil untuk dioleskan di permukaan puting.

3) Banyak makan sayur dan buah-buahan

Selain menjaga kebersihan payudara, yang tidak kalau penting adalah rajin mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam bukan hanya akan menjaga kesehatan tubuh ibu, tetapi juga kesehatan payudara dan kualitas ASI untuk sang buah hati pada nantinya.

Rawat puting ibu dengan air hangat setiap hari, dan jangan menggunakan sabun atau pembersih yang menggunakan alkohol karena nanti puting ibu akan kering dan mudah luka. Nah, terkadang ibu mungkin terdorong untuk menarik-narik puting sebelum memberikan ASI kepada sang buat hati, tetapi jangan terlalu sering ya, bu.

Dan setiap menyusui, pastikan ibu sudah membersihkan payudara. Setelah menyusui si kecil, aerola ibu bisa dioleskan dengan ASI, karena jika puting ibu lecet, antibodi alami yang ada di dalam ASI akan mencegah infeksi.

Sumber: BMSG. Practical Hints on Breastfeeding, Second edition revised. Breastfeeding Mothers’ Support Group (Singapore)

Cara Menyimpan ASI Perah dengan Sehat dan Aman

Cara Menyimpan ASI Perah dengan Sehat dan Aman

Tips Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Tips Untuk Meningkatkan Produksi ASI