Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Apakah Sayuran yang Digoreng Tetap Bergizi?

Apakah Sayuran yang Digoreng Tetap Bergizi?

ilustrasi-manfaat-sayuran-4-140707-andri.jpg

Ketika anak tidak suka memakan sayur, seringkali ibu berkreasi dengan mengoreng sayuran. Seperti membuat jamur crispy atau bayam tepung. Namun, ternyata hal tersebut tidak memenuhi porsi gizi yang tepat. "Mengoreng itu tidak sehat karena banyaknya kandungan lemak di dalam minyak," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK.

Mengoreng sayuran sama saja membuatnya menjadi gorengan yang merupakan sumber masalah kesehatan di Indonesia. Berbeda dengan menumis sayuran. Menumis memang membutuhkan minyak, tetapi dalam kadar yang lebih sedikit.

"Sayuran dalam menu porsi gizi yang tepat itu direbus atau dikukus. Kalau direbus, jangan lupa dihabiskan kuahnya. Kalau dikukus, bisa langsung dikonsumsi," terang dr. Inge kembali.

Bagaimana dengan jus sayuran? Jus yang baik adalah jus yang diblender sendiri dan langsung diminum, bukan jus sayuran yang sudah disajikan dalam kemasan. Selain karena sari pati yang telah hilang, akan berbahaya jika terdapat kandungan pengawet di dalamnya.

s"Memberikan suplemen vitamin sebenarnya tidak begitu berarti jika anak tidak memakan sayuran secara langsung. Jadi, jangan berhenti mencoba mengenalkan sayuran pada anak," tambahnya kembali.

Jadi bagaimana para ibu? Mari berkreasi tanpa harus menghilangkan sari pati dari sayuran. Ingat, batasi gula, garam, lemak atau minyak! (auf)

Tips Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Tips Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Tips Menyusun Menu Balita dengan Kandungan Gizi Seimbang!

Tips Menyusun Menu Balita dengan Kandungan Gizi Seimbang!