Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Apakah Ibu Makan untuk Berdua, atau Makan Dua Porsi Saat Hamil?

Apakah Ibu Makan untuk Berdua, atau Makan Dua Porsi Saat Hamil?

99857-Porsi-Makan-Saat-Hamil-Tak-Perlu-Didobel-yang-Penting-Gizinya-Terpenuhi-1-e1495532393974.jpg
Ibu memang harus menambah asupan kalori, tapi seperti hal lain di hidup kita, tidak boleh berlebihan. 

Konsep eating for two mungkin sudah sering di dengar oleh para calon ibu, dan ibu hamil. Tetapi, jangan diartikan bahwa ibu harus makan atau menghabiskan dua porsi, ya. Pengertian "makan untuk berdua' itu memang benar karena ibu sedang mengandung, tetapi bukan berarti ibu harus menambah porsi tanpa memerhatikan kualitas makanan dan gizi yang seimbang. Selama hamil, ibu harus menambah 300 kalori lebih banyak per hari dari 2000 kalori (untuk wanita dewasa dengan aktifitas sedang). Dan penambahan kalori ini sangat penting, apalagi di trimester kedua, ketika janin tengah berkembang dengan pesat.

Jika ibu benar-benar menambah satu porsi lagi, ibu dapat mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkontrol, dan risiko obesitas bisa menganggu kesehatan ibu dan janin.

Terkait konsumsi makanan selama wanita mengandung, dr Yuyun Lisnawati, SpOG(K) dari RSUP Persahabatan mengatakan konsumsi makanan selama hamil bukan hanya dilihat dari jumlahnya saja, namun juga dari kandungan gizi makanan tersebut.

Ia mencontohkan, jika ibu makan dua piring nasi tapi hanya disertai satu ikan, maka gizinya sedikit. dr Yuyun juga mengatakan bahwa ibu hamil memiliki kebutuhan asupan makanan yang berbeda setiap bulannya. Makin bertambah usia kandungan, kebutuhan makanan ibu hamil meningkat seiring perkembangan bayi.

Kebutuhan kalori ibu hamil per hari

  • Trimester 1: total 2000 kalori untuk 3 kali makan utama, yaitu makan pagi 600 kalori makan siang 800 kalori, makan malam 600 kalori

  • Trimester 2: total 2300 kalori untuk 3 kali makan utama, yaitu sarapan 700 kalori, makan siang 900 kalori, makan malam 700 kalori.

Sumber: Ayahbunda

Cara Atasi Cegukan pada Bayi dan Anak

Cara Atasi Cegukan pada Bayi dan Anak

Tanda Bayi Cukup ASI