Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Apa Makna 1000 Hari Pertama Kehidupan?
a21-e1458789481953.jpg

Ada banyak masalah kesehatan yang sebenarnya bisa diatasi dengan perbaikan gizi. Masalah tersebut adalah anak stanting, kurus, obesitas, tingginya angka ibu hamil, perempuan yang mengalami anemia, dan kekurangan energi kronis. Semua itu saling berkorelasi. Melalui puncak peringatan Hari Gizi Nasional di Balai Kartini, Jakarta, pemerintah menegaskan untuk terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi baik, untuk membangun generasi sehat dan berprestasi. Acara ini mengangkat tema, “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi”, dengan subtema “Percepatan Perbaikan Gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).”

Selain fokus pada upaya mengurangi jumlah anak stanting, perbaikan gizi juga berfokus pada 1000 HPK tersebut, yaitu mulai dari masa kehamilan, hingga anak usia dua tahun. Pentingnya 1000 HPK ini karena merupakan periode sensitif yang menentukan kualitas hidup anak di masa depan. Apa yang terjadi dalam periode tersebut pada bayi akan bersifat permanen dan tidak dapat diperbaiki.

"Kalau anak mudanya sangat mengerti tentang merencanakan keluarga, tahu tentang nutrisi, saat menikah dan hamil dia bisa mengatakan, “Ini anak yang diinginkan, dan saya jaga nutrisi gizi anak tersebut.” Jika anak mendapatkan gizi yang baik dan cukup kasih sayang, maka perkembangannya juga akan baik," tegas Menteri kesehatan RI, Nila F. Moeloek, usai membuka acara puncak Peringatan Hari Gizi Nasional ke 56 di Jakarta (22/3/16).

(Sumber: Viva.co.id)

 

Pentingnya Menurunkan Stanting: Dalam Perspektif Kristen

Pentingnya Menurunkan Stanting: Dalam Perspektif Kristen

Cakupan ASI Eksklusif di Indonesia Meningkat

Cakupan ASI Eksklusif di Indonesia Meningkat