Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Apa itu MPASI Puree?

Apa itu MPASI Puree?

Bubur-Bayi-Kacang-Hijau-e1473226759859.jpg

Apa itu MPASI Pureé?

Pada intinya, puree adalah kata lain dari bubur. Puree biasanya dilembutkan baik dengan blender, grinder, ditekan-tekan atau lainnya agar aman untuk dikonsumsi. Agar dipastikan lembut, puree juga dapat disaring. Puree biasanya dibuat dari bahan dasar berupa sayur atau buah.

Nah, makanan pendamping ASI (MPASI) puree dapat dikenalkan pada bayi yang berusia 6 bulan. Selama 6 bulan, bayi hanya mengandalkan ASI sebagai asupan makanannya. Tetapi pada usia ini sistem pencernaan bayi akan mulai berkembang untuk menerima asupan makanan padat. Pilihlah bahan (buah atau sayur) yang organik untuk mengurangi zat residu pestisida.

Puree Buah

Buah yang biasa digunakan sebagai puree antara lain adalah aplukat, pisang, apel, mangga dan pepaya.

Puree Sayur

Sayur yang bisa digunakan sebagai puree antara lain: wortel, ubi, buncis, kacang polong, labu, bayam, kentang, brokoli dan kembang kol.

Sayur Dulu atau Buah Dulu?

Pada umumnya, buah memang memiliki rasa yang lebih enak dibandung sayur. Nah, oleh karena itu banyak yang berpendapat bahwa lebih baik untuk dikenalkan sayur terlebih dahulu agar si kecil suka makan sayur. Tetapi, ibu dapat memperkenalkan dua-duanya dengan cara bergantian.

Cara Membuat Puree

Masing-masing bahan berbeda cara mengolahnya tergantung bahan dasarnya. Ada yang mentah langsung dihaluskan (pisang, alpukat, pepaya), ada yang direbus dahulu, dan ada juga yang dikukus dahulu.

Tekstur MPASI: Jangan Lupa, Harus Sesuai Usia Bayi!

Tekstur MPASI: Jangan Lupa, Harus Sesuai Usia Bayi!

Kebun Keluarga: Peran Masyarakat dalam Pencapaian Gizi Seimbang

Kebun Keluarga: Peran Masyarakat dalam Pencapaian Gizi Seimbang