Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Anemia pada Balita Meningkat

Anemia pada Balita Meningkat

UNICEF-Indonesia_1_2629080668_Josh-Estey-3.jpg

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) tahun 2013 terjadi peningkatan balita penderita anemia di Indonesia dibanding tahun sebelumnya. Prevalensi anemia pada balita usia 12-59 bulan di Indonesia sebesar 28,1 persen. Artinya, 1 dari 4 balita di Indonesia menderita anemia atau kurang darah. Anemia selama ini identik dengan kondisi kekurangan zat besi. Anak kelihatan pucat dan lemas. Namun, anemia bukan melulu karena kekurangan zat besi. Penyebabnya bisa karena infeksi kecacingan atau bakteri dan sedikit sekali karena faktor genetik seperti thalassemia. Namun, penyebab anemia paling sering yaitu karena kekurangan zat besi.

Maka itu,  penyebab anemia harus dicek dulu secara pasti agar dapat diintervensi secara spesifik dan diatasi. Demikian seperti diungkapkan oleh Dr. Trevino A Pakasi, MS, PhD, dari Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Anemia pada anak bisa mempengaruhi prestasi belajarnya, karena aliran darah berkurang sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Akibatnya anak susah konsentrasi saat belajar. Jika anemia tidak ditangani, anak bisa mengalami penurunan kognitif, mudah terkena infeksi, dan terpengaruh kebugarannya seperti pingsan saat melakukan aktivitas fisik seperti olah raga.

(Sumber : Koran Sindo)

 

 

 

 

Persiapan Hadapi Masa Kritis Makan pada Anak

Persiapan Hadapi Masa Kritis Makan pada Anak

Dinkes Berupaya Tekan Angka Stanting

Dinkes Berupaya Tekan Angka Stanting