Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Anak Stanting Berisiko Diabetes

Anak Stanting Berisiko Diabetes

diabetes-health-detik-com.jpg

Stanting yaitu ketika balita lebih pendek dari standar tinggi anak seusianya, mempunyai dampak bagi kesehatannya di kemudian hari. Di usia dewasanya anak stanting berisiko terkena penyakit tidak menular, seperti salah satunya yaitu diabetes. Bagaimana kaitannya stanting dengan risiko diabetes ini? Kita perlu melihat dari awal penyebab stanting itu sendiri. Penyebab stanting yaitu kekurangan gizi dalam waktu lama, pada 1000 hari pertama kehidupannya. Ini berarti dimulai sejak masa kehamilan ibu hingga usia anak 2 tahun pertama.

Jika menurut Hipotesis Barker (1989), kesehatan seseorang di masa dewasa ada dipengaruhi oleh perkembangannya ketika di masa janin dalam kandungan. Masa perkembangan janin di dalam kandungan merupakan salah satu masa kritis.

Keadaan gizi ibu yang buruk semasa kehamilan serta perawatan prenatal yang tidak memadai dapat menyebabkan perkembangan janin tidak optimal. Organ tubuh janin secara struktur dan fungsi serta sistem jaringan tubuh bisa mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Adanya gangguan pertumbuhan dalam kandungan ini berpengaruh negatif pada sistem kerja organ-organ tubuh seperti jantung, pankreas, dan lain-lain. Inilah yang akan mempengaruhi kesehatannya kelak.

Hipotesis Barker ini didukung pula oleh sejumlah studi lain mengenai adanya hubungan antara bayi berat lahir rendah dengan peningkatan resistensi insulin, gangguan toleransi glukosa, dan diabetes melitus tipe 2.

Pertumbuhan fisik yang lambat pada bayi berhubungan dengan menurunnya perkembangan serta fungsi organ tubuh. Salah satunya organ pankreas yang mengatur kadar gula dalam darah. Inilah yang dapat meningkatkan risiko anak stanting terkena diabetes di usia dewasanya.

  

Bolehkah Ibu Diabetes Menyusui?

Bolehkah Ibu Diabetes Menyusui?

Kenali Diabetes Melitus Pada Anak

Kenali Diabetes Melitus Pada Anak