Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Anak Kurus Pertanda Gizi Buruk

Anak Kurus Pertanda Gizi Buruk

internasionalkompascom.jpg

Bila seorang anak mempunyai berat badan yang kurang untuk ukuran tinggi badannya, maka anak dikatakan sebagai anak kurus (wasting). Anak kurus bisa digolongkan dalam gizi buruk. Risiko anak kurus ini mudah terkena penyakit bahkan mungkin bisa berakibat fatal. Sebetulnya, anak kurus ini dapat dicegah sejak masih dalam kandungan. Maka itu penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan gizinya terutama dalam periode 1000 hari. Selain itu, yang dapat ibu lakukan antara lain :

  • Mengonsumsi tablet besi asam folat selama ibu hamil.
  • Pemberian ASI eksklusif setelah bayi lahir.
  • Setelah ASI esklusif, pemberian makanan pendamping ASI.
  • Pemberian tabur gizi, semacam makanan khusus yang mengandung zat gizi yang diperlukan.
  • Pemberian kapsul vitamin A.
  • Mencegah dan menangani penyakit seperti cacingan, diare, dan malaria.

Bagi sebagian besar anak di atas 6 bulan yang sangat kurus tanpa disertai penyakit dapat ditangani dengan terapi gizi makanan. Pemberian makanan yang bergizi dapat membantu pemulihan. Jika sampai terjadi keparahan dan anak tidak dapat makan perlu dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Apa Saja Persiapan Ibu Bersalin?

Apa Saja Persiapan Ibu Bersalin?

Dirjen Bina Gizi dan KIA : “Nanti, Tiap Siswa Punya Buku Rapor Kesehatan”