Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Anak Bisa Lumpuh Karena Polio

Anak Bisa Lumpuh Karena Polio

1542175bocah-polio-gizi-buruk-bekasi780x390-e1477382383721.jpg

Anak Bisa Lumpuh Karena Polio

Anak tiba-tiba otot kakinya lemah dan mengalami kelumpuhan. Gejala ini merupakan ciri dari penyakit infeksi berbahaya, yaitu polio. Bayi dan balita rentan terhadap penyakit yang dapat menular ini.  Karena itulah bayi dan anak harus diimunisasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara aktif.

Penyebab penyakit polio ini disebabkan oleh virus yang masuk melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Kelumpuhan pada anak yang terkena polio sifatnya bisa permanen. Jika kelumpuhan dialami pada otot pernapasan, bisa menyebabkan kematian.

Polio ini tidak ada obatnya tetapi bisa dicegah dengan imunisasi polio. Maka itu, imunisasi polio mulai diberikan pada bayi usia 0-7 hari, 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

Imunisasi polio dapat diberikan secara oral melalui tetes atau suntikan. Imunisasi polio yang paling banyak diberikan itu secara oral. Pemberiannya sebanyak 2 tetes ke mulut anak. Biasanya anak suka karena rasanya manis.

Imunisasi polio oral diberikan pula saat program PIN Polio. Jika anak sebelumya sudah mendapatkan imunisasi polio oral atau imunisasi polionya sudah lengkap, tetap perlu mendapatkan imunisasi polio oral. Dengan demikian orangtua turut mencegah kejadian polio.

Di Indonesia, kasus polio ini tidak ada lagi sejak tahun 2006. Bahkan Indonesia dikatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai negara bebas polio pada tahun 2014. Tetapi, kita harus terus waspada dan ibu dianjurkan untuk tetap berkunjung ke dokter, puskesmas dan posyandu untuk melakukan imunisasi untuk anak. 

Kenali Gangguan Pencernaan yang Sebabkan Anak Susah Makan

Kenali Gangguan Pencernaan yang Sebabkan Anak Susah Makan

"Padahal, mitos itu kepercayaan orang jaman dulu, kan?"

"Padahal, mitos itu kepercayaan orang jaman dulu, kan?"