Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Akibat Stanting Bagi Masa Depan Anak

Akibat Stanting Bagi Masa Depan Anak

health-liputan6.com_.jpg

Anak dikatakan stanting bila tinggi badannya lebih pendek dari standar tinggi badan seusianya. Stanting merupakan indikasi dari kronisnya status gizi anak. Akibatnya, banyak berpengaruh pada kehidupan anak. Kejadian kekurangan gizi ini sudah dimulai sejak janin dalam kandungan, sehingga berdampak pada proses pembentukan dan perkembangan otak anak. Otak tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang optimal. Sementara otak merupakan organ penting untuk kemampuan berpikir. Jika perkembangan otak tidak optimal, akibatnya tingkat kecerdasan anak menjadi rendah. Selanjutnya, kemampuan anak dalam belajar menjadi kurang optimal, anak mungkin sering absen tidak sekolah karena sakit, tingkat kecerdasannya semakin menurun. Hal ini akan memberikan konsekuensi terhadap kesuksesan anak pada kehidupannya di masa depan.

Secara fisik, stanting juga menganggu pertumbuhan anak. Anak mengalami gagal tumbuh di usia dini dan akan berlanjut pada masa remaja. Anak akan tumbuh menjadi dewasa yang stanting. Pada perempuan, stanting dapat meningkatkan peluang melahirkan anak dengan berat badan lahir rendah (BBLR), dan sangat berisiko saat melahirkan.

Dampak lanjutan dari stanting berpengaruh secara langsung pada masalah kesehatan dan produktivitas kerja. Pada masalah kesehatan, kelak anak stanting bisa berisiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi, jantung koroner, dan sebagainya. Penyakit ini bahkan banyak diderita orang di usia muda.

Sedangkan kaitan stanting dengan produktivitas yaitu karena kurangnya kecerdasan, menyebabkan rendahnya produktivitas anak ketika dewasa. Selain itu, kondisi fisik stanting juga mempersulitnya untuk memperoleh pekerjaan dengan profesi tertentu. Akibatnya, anak tidak mampu bersaing dan ini berpengaruh pada tingkat pendapatannya yang kurang, sehingga sulit menghindari dirinya dari garis kemiskinan.

 

Bisakah Stanting Dicegah?

Bisakah Stanting Dicegah?

Mengapa Anak Bisa Stanting?

Mengapa Anak Bisa Stanting?