Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

5 Langkah Praktis Bentuk Pola Makan Sehat Balita

5 Langkah Praktis Bentuk Pola Makan Sehat Balita

pola-makan-sehat-balita.jpg

Mau balita punya pola makan sehat? Yuk, tanamkan sejak usianya sedini mungkin. Karena pola makan tersebut harus dilatih dan dibiasakan sehingga menjadi suatu kebiasaan. Jika sejak kecil anak terbiasa dengan pola makan sehat, di usia remaja dan dewasa ia tak akan sembarang makan. Ia akan bertanggung jawab dengan apa yang dimakannya. Nah, berikut langkah membentuk pola makan sehat balita :

  1. Ikuti pola pemberian makan yang benar sejak usia MPASI.

Sejak usia bayi 6 bulan sudah mulai memperoleh makanan pendamping ASI. Orangtua perlu mengikuti aturan pemberian makan yang benar seperti ada waktu-waktu anak diberi makan, tekstur makanan harus sesuai tahapan usianya, dan komposisi jenis makanan yang harus beragam. Semua ini akan membentuk pola makan anak selanjutnya.

  1. Kenalkan beragam makanan sehat

Pemberian makanan pada anak harus beragam jenis karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Juga dengan dikenalkan berbagai rasa. Agar kelak anak tidak hanya makan sesuai makanan yang disukainya saja.

  1. Kreasikan menu makanan semenarik mungkin.

Penyajian makanan sehat perlu dilakukan semenarik mungkin, agar anak tertarik memakannya. Orangtua dituntut untuk kreatif dalam pengolahan makanan. Jangan lupa, cicipi rasa makanan yang dibuat untuk anak. Anak pasti suka jika rasa makanannya enak.

4.Orangtua memberi contoh

Orangtua harus memberi contoh pola makan sehat pada anak. Apalagi jika anak sudah mulai makan makanan keluarga. Anak akan mencontoh dan meniru apa yang dilakukan orangtua dalam hal makan. Jika orangtua tak pernah mencontohkan makan sayur, anakpun tak akan suka sayur.

  1. Ciptakan suasana menyenangkan saat makan

Luangkan waktu bersama anak untuk memberi atau menemaninya makan. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan lewat cerita-cerita menarik atau permainan kecil sehingga anak makan dengan rasa senang dan nyaman.

Peralatan Makan yang Aman Untuk Bayi

Peralatan Makan yang Aman Untuk Bayi

Kendalikan Kadar Gula Saat Hamil dengan Makan Sehat